Pertamina Melakukan Percobaan Pencocokan Data dan Transaksi Digital untuk LPG 3 Kg

Pertamina Melakukan Percobaan Pencocokan Data dan Transaksi Digital untuk LPG 3 Kg

Pertamina melakukan percobaan pencocokan data dan transaksi digital untuk LPG 3 Kg.-Pertamina-

Pertamina Melakukan Percobaan Pencocokan Data dan Transaksi Digital untuk LPG 3 Kg

PALEMBANG, RADARTASIK.COM – Di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), PT Pertamina Patra Niaga telah memulai upaya uji coba mencocokkan data dan transaksi digital untuk LPG 3 kg.

Uji coba ini bertujuan untuk mendukung penyaluran LPG bersubsidi kepada mereka yang memenuhi syarat di tengah masyarakat.

Pencocokan data ini dilakukan dengan menggabungkan data dari program Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang berasal dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

BACA JUGA: HUT RI ke-78: Mengenang Jasa 4 Pemuda Penculik Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok, Ini Nama Mereka

Dalam fase pendataan, masyarakat masih tetap bisa mendapatkan LPG 3 Kg dari Pangkalan resmi seperti biasanya.

Konsumen hanya perlu menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) di pangkalan.

Jika data mereka sudah terdaftar dalam sistem, mereka hanya perlu menunjukkan KTP untuk pembelian berikutnya.

Namun, bagi yang belum terdaftar, mereka dapat mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari KTP dan KK di sub penyalur atau pangkalan resmi, dan pendaftaran ini hanya perlu dilakukan sekali saja.

BACA JUGA: WOW Amunisi PSIS Semarang Bertambah Jelang Melawan Dewa United, Gilbert Agius: Persiapan Tim Lancar

Perubahan utamanya terletak pada skema transaksi, yang melibatkan pencatatan dan verifikasi data secara digital sebelum transaksi dapat dilakukan.

Untuk memenuhi kebutuhan LPG 3 Kg, Provinsi Sumatera Selatan memiliki total 7.237 Pangkalan LPG. Pertamina juga telah menyiapkan sebanyak 1.983 pangkalan yang siap untuk menjalankan pencocokan data.

Dalam keterangan tertulis Pertamina, Tjahyo Nikho Indrawan, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional Sumbagsel, menjelaskan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk mendistribusikan LPG Subsidi 3 kg dengan lebih transparan dan tepat sasaran. Uji coba dilakukan di sub penyalur atau pangkalan resmi LPG 3 kg.

Pencocokan data bagi konsumen rumah tangga dan usaha mikro dilakukan di sub penyalur atau pangkalan resmi LPG 3 kg, tanpa memerlukan penggunaan smartphone atau gadget milik konsumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: