Ujian Praktik SIM C Model Angka 8 Dihapus, Polri Mulai Berlakukan Model Ini Sebagai Gantinya

Ujian Praktik SIM C Model Angka 8 Dihapus, Polri Mulai Berlakukan Model Ini Sebagai Gantinya

Ujian praktik SIM C model angka 8 dihapus, Polri mulai berlakukan model haruf S sebagai gantinya.-Ilustrasi Instagram@polrestabandung-

BACA JUGA: Monumental, Bandung Segera Miliki Kereta Gantung, Melintasi Langit Perkotaan dan Perbukitan

Di tempat yang sama, salah seorang pemohon SIM C yang bernama Isan merasa lega dengan adanya perubahan lintasan uji praktik SIM. Ia pernah mengikuti ujian praktik SIM C sebanyak 4 kali namun selalu gagal.

Begitu pun Ajeng yang telah berkali-kali mengikuti uji praktik SIM dengan sistem yang lama selalu gagal. Dengan adanya sistem baru ini ia bisa lebih leluasa mengikuti uji praktik SIM C. Kini ia merasa bahagia.

Perlu diketahui, bahwa Korlantas Polri secara resmi sudah melakukan perubahan layout ujian praktik SIM motor alias kendaraan roda dua.

Perubahan juga dilakukan pada ujian teori pada setiap Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) di setiap daerah.

BACA JUGA: Asyiiik.. Di Taman Kehati Banjar Akan Dibangun Kereta Gantung

Berdasarkan laman NTMC Polri, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, persyaratan ujian SIM adalah ujian teori dan praktik, lulus tes kesehatan jasmani dan psikologi.

Ke depan persyaratan akan ditambah yakni pemohon harus memiliki sertifikasi dari sekolah mengemudi yang terakreditasi.

Terobosan terbaru Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat ini ujian teori sudah menggunakan teknologi, menggunakan animasi.

Buku panduan akan ada di setiap Satpas. Ada namanya ruangan pencerahan, ada 468 Satpas, kemudian ada di tempat umum, perpustakaan atau tempat bus tetapi tidak boleh dibawa pulang. Ada 526 soal empat bagian tetapi yang diujikan 65 soal.

BACA JUGA: Berhasil Cetak Gol Indah ke Gawang Persis Solo, Penyerang Persib Ini Justru Merasa Hambar, Kenapa ya?

Kedua, ada elektronik buku yang bertujuan untuk mudah di-download dan dibaca di mana pun. Perubahan kedua pada ujian praktik yang berbentuk sirkuit dalam 5 stage. Saat ini sudah ada 4 stage, sementara 1 stage yang lain disesuaikan dengan kebutuhan wilayah masing-masing.

Menurut dia, ujian di Jakarta saat ini belum butuh tanjakan bisa jadi kota lain membutuhkan. Lintasan sudah mudah dan diperlebar, bukan untuk mempermudah tetapi sama dengan yang kemarin. Zig-zag memang tidak ada hari ini, namun akan dikaji lagi.

Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan biaya permohonan SIM masih tetap sesuai dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Biaya SIM A Baru 120 ribu dan SIM C Baru 100 ribu. Sementara perpanjangan SIM A 80 ribu dan SIM C 75 ribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: