Indra Gunawan: Nilai Berita Mampu Ubah Persepsi BPN di Mata Publik

Indra Gunawan: Nilai Berita Mampu Ubah Persepsi BPN di Mata Publik

Pelatihan Jurnalistik di Grand Mercure, Bandung, Jawa Barat, Selasa 1 Agustus 2023.-Istimewa-

Indra Gunawan: Nilai Berita Mampu Ubah Persepsi BPN di Mata Publik

BANDUNG, RADARTASIK.COM – Nilai berita mampu mengubah perspektif masyarakat terlebih disertai data akurat dalam mendukung program dan kinerja di lingkup Kementerian ATR BPN, Kanwil, Kabupaten dan Kota.

Pesan ini disampaikan Indra Gunawan, sebagai keynote speech Pelatihan Jurnalistik yang berlangsung di Grand Mercure, Bandung, Jawa Barat, Selasa 1 Agustus 2023.

”Jangan takut menyampaikan informasi atau rilis dari kantah masing-masing. Ayo publis berita pada kanal masing-masing. Sajikan semenarik mungkin,” ujar Indra Gunawan, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian ATR BPN Periode 2020-2022.

BACA JUGA: Polisi Tasikmalaya Larang Sepeda Listrik Digunakan di Jalan Raya

Dengan bahasa lunak dan mudah dicerna, lanjut Indra Gunawan, BPN bisa memberi edukasi masyarakat. ”Manfaatnya agar terbangun perspektif publik,” ujar Kepala BPN Kota Depok itu.

Terkait dengan mindset pemimpin atau kepala kantor yang selalu bermain ’aman’ terhadap konten yang disajikan, Indra meminta rekan-rekan humas mampu memberikan penjelasan.

”Ya, harus dijelaskan dengan jernih, tervalidasi. Saya juga begitu, saat akan memainkan konten yang sedikit ’bergelombang’ sering disentil pimpinan. Wah itu biasa,” imbuhnya.

Dengan memberikan penjelasan terhadap sudut pandang positif kepada pimpinan secara detail, rinci terhadap naskah atau rilis yang sedikit ’nakal’ diyakini akan merangsang masyarakat untuk membaca.

BACA JUGA: H-1 Persib vs Bali United, Bojan Hodak Belum Memimpin Langsung Latihan, Ada Apa?

”Bukannya ngajarin pimpinan ya, tapi memberikan penjelasan. Kalau pesannya sampai, tentu bermanfaat untuk citra kantah masing-masing. Dengan demikian pesan itu sampai ke masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil BPN Jawa Barat Epha Mariana mengatakan pelatihan jurnalistik kali ini bermanfaat bagi setiap kantah dalam menyajikan informasi yang dibuat.

”Terus terang saya senang sekali dengan kegiatan ini. Saya berterima kasih, seharusnya inisiatif ada di kami, yang pasti ini adalah awal yang baik,” ujar Epha Mariana.

Ditambahkan Epha, kekuatan pesan dari informasi yang disajikan masing-masing kantah akan meningkatkan kepercayaan publik sejalan dengan UU No 32 Tahun 2021 tentang Layanan Publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: