10 Hal yang Bisa Mengurangi Risiko Hipertensi

10 Hal yang Bisa Mengurangi Risiko Hipertensi

Menjaga berat badan melalui kombinasi pola makan sehat dan olahraga teratur bisa mengurangi risiko hipertensi. istimewa-tangkapan layar ponsel--

10 Hal yang Bisa Mengurangi Risiko Hipertensi

RADARTASIK.COM - Hipertensi, yang juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi, adalah kondisi medis di mana tekanan darah di arteri tubuh menjadi terlalu tinggi secara kronis. 

Tekanan darah adalah kekuatan darah yang diberikan oleh jantung saat memompa darah dan resistensi yang dihadapi oleh pembuluh darah ketika darah mengalir melalui sistem sirkulasi.

Tekanan darah normal biasanya dianggap 120/80 mmHg. Namun, seseorang dianggap mengalami hipertensi jika tekanan darahnya berada di atas 140/90 mmHg secara berulang.

BACA JUGA:Saling Cetak Gol dari Bola Mati, Juventus Kalahkan Milan Lewat Adu Penalti

Hipertensi dapat menyebabkan masalah kesehatan serius jika tidak diobati. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko hipertensi:

1. Makanlah dengan bijaksana

Konsumsi makanan sehat yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak. Hindari makanan yang tinggi garam, lemak jenuh, dan gula tambahan.

2. Kurangi konsumsi garam

Mengurangi asupan garam adalah langkah kunci dalam mencegah hipertensi. Batasi penggunaan garam dalam masakan dan hindari makanan olahan yang tinggi garam.

BACA JUGA:Profil Mantan Bintang Persik Kediri di Skuad Persib Saat Ini, Janjinya Membuat Bobotoh Bangga

3. Pertimbangkan diet DASH

Diet Pendekatan untuk Menghentikan Hipertensi (DASH) menekankan konsumsi makanan yang rendah garam dan kaya akan nutrisi, terutama mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium. Diet ini telah terbukti efektif dalam menurunkan tekanan darah.

4. Jaga berat badan sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: