Penemuan Hormon Insulin, Hari Ini di Masa Lalu

Penemuan Hormon Insulin, Hari Ini di Masa Lalu

Hormon Insulin. twitter @danapramudya--

Penemuan Hormon Insulin, Hari Ini di Masa Lalu

RADARTASIK.COM - Para peneliti di Universitas Toronto yang dipimpin biokimiawan Frederick Banting mengumumkan penemuan hormon insulin pada 27 Juli 1921.

Hormon insulin adalah hormon peptida yang diproduksi oleh sel beta di pankreas. Hormon ini memiliki peran penting dalam mengatur metabolisme glukosa (gula) dalam tubuh. 

Ketika kita mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, sistem pencernaan akan memecah karbohidrat tersebut menjadi glukosa. Glukosa ini akan masuk ke dalam aliran darah, dan tingkat gula dalam darah akan naik.

BACA JUGA:Ini Wilayah yang Bakal Terlewati Jalan Tol Getaci Terpanjang di Kota Tasikmalaya, Bakal Ada Pembebasan Lahan

Ketika kadar glukosa dalam darah meningkat, sel-sel beta di pankreas akan merespons dengan melepaskan hormon insulin ke dalam aliran darah. 

Insulin bertindak sebagai kunci yang membuka pintu sel-sel tubuh, khususnya sel-sel otot dan sel-sel lemak, untuk memungkinkan glukosa masuk ke dalam sel-sel tersebut. 

Akibatnya, kadar glukosa dalam darah akan menurun karena digunakan oleh sel-sel tubuh sebagai sumber energi.

Penting untuk menjaga keseimbangan kadar insulin dalam tubuh karena hormon ini berperan dalam mengatur metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. 

BACA JUGA:Bojan Hodak Punya Modal Sukses di Persib, Gayanya Berbeda dengan Luis Milla Saat di Ruang Ganti Pemain

Gangguan dalam produksi atau fungsi insulin dapat menyebabkan masalah metabolik, seperti diabetes mellitus, yang ditandai dengan ketidakmampuan tubuh untuk mengatur kadar glukosa dalam darah secara efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: