Kendaraan Listrik Semakin Diminati Masyarakat, Home Charging Services Naik 119,4 Persen

Kendaraan Listrik Semakin Diminati Masyarakat, Home Charging Services Naik 119,4 Persen

Home charging service kendaraan listrik makin diminati masyarakat-website PLN-

RADARTASIK.COM – Dunia mulai memperhatikan polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan berbahan bakar fosil, yang menghasilkan emisi gas buang yang dapat mempengaruhi kualitas udara.

Oleh karena itu para produsen motor maupun mobil berlomba-lomba untuk menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan, seperti mobil listrik.

Pada awalnya penjualan mobil maupun motor listrik tidak berjalan dengan baik, namun baru-baru ini kendaraan listrik semakin diminati masyarakat, semua itu terbukti dari banyaknya kendaraan listrik yang menghiasi setiap jalan.

PLN mengungkapkan bahwa terdapat indikasi naiknya minat masyarakat terhadap kendaraan bermotor listrik sebagai transportasi sehari-hari.

BACA JUGA:Menarik! Akan Hadir Fitur Baru Video Message di WhatsApp

Hal ini terlihat dari kenaikan penggunaan home charging service atau layanan untuk mengisi daya listrik kendaraan dirumah yang disediakan perseroan.

Pada periode hingga semester 1/2023, jumlah pelanggan layanan tersebut naik 119,4% dibandingkan periode sama tahun 2022, atau dari 881 pelanggan menjadi 1.933 pelanggan.

Jumlah Pelanggan Home Charging Services selama periode semester I (Januari hingga Juni) 2023, PT PLN mencatat adanya peningkatan jumlah pelanggan home charging services. Sebanyak 1.052 pelanggan telah memasang layanan tersebut.

Konsumsi tenaga listrik dari home charging juga mengalami pertumbuhan yang signifikan. Pada periode yang sama, dari Januari hingga Juni 2023, pemakaian mencapai 960 MWh. Perbandingannya dengan bulan Juni 2022 yang hanya 91 MWh menunjukkan peningkatan yang cukup besar.

BACA JUGA:HORE, Pelatih Baru Persib Bojan Hodak Akan Menonton Langsung Persib vs Persik Kediri, Siap Berikan Instruksi?

Peningkatan jumlah pelanggan home charging services dianggap sebagai sinyal positif pertumbuhan kendaraan listrik di Indonesia. Masyarakat semakin aware tentang manfaat menggunakan kendaraan listrik.

PT PLN berkomitmen untuk menyediakan layanan yang memudahkan masyarakat dalam beralih ke kendaraan listrik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menyediakan layanan Electric Vehicle Digital Services (EVDS) melalui aplikasi PLN Mobile.

Layanan ini mencakup fasilitas untuk tambah daya, pasang baru, dan bahkan membeli kendaraan listrik.

Peningkatan penggunaan kendaraan listrik yang berasal dari energi bersih seperti listrik dapat membantu mencapai misi pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: