Afonso I Menjadi Raja Pertama Portugal, Hari Ini di Masa Lalu

Afonso I Menjadi Raja Pertama Portugal, Hari Ini di Masa Lalu

Raja pertama Portugal, Afonso. twitter @Fern514--

Afonso I Menjadi Raja Pertama Portugal, Hari Ini di Masa Lalu

RADARTASIK.COM - Afonso I juga dikenal sebagai Afonso Henriques, adalah tokoh bersejarah yang sangat penting dalam sejarah Portugal.

Ia adalah pendiri dan raja pertama Kerajaan Portugal. Afonso I lahir pada tahun 1109 atau 1111 dan wafat pada 6 Desember 1185. Afonso I menjadi raja pertama Portugal pada 26 Juli 1139. 

Pada saat itu, wilayah yang sekarang dikenal sebagai Portugal merupakan bagian dari wilayah Kastilia, bagian dari kerajaan León di wilayah barat laut Semenanjung Iberia. 

BACA JUGA:Transfer Samuel Chukwueze Sudah Beres, Yunus Musah Bikin Susah AC Milan

Afonso merupakan keturunan keluarga bangsawan dan memiliki ambisi untuk memerdekakan wilayahnya dari kekuasaan Kastilia dan León.

Pada tahun 1128, setelah kematian ibundanya, Teresa dari León, Afonso mengambil alih kendali atas wilayahnya di County Portugal (Comté Portucale) dan memulai perjuangan untuk merdeka. 

Afonso lalu berhasil memenangkan beberapa pertempuran penting melawan kekuasaan Kastilia dan León.

Pada tanggal 24 Juni 1128, dalam Pertempuran São Mamede, Afonso berhasil mengalahkan pasukan ibundanya dan mengamankan kontrol atas County Portugal. 

BACA JUGA:Jadi Pengen Nangis, Bobotoh Bangkitkan Semangat Pemain Persib yang Sedang Terpuruk: Kalian Tidak Sendirian

Setelah pertempuran ini, ia menyatakan dirinya sebagai Pangeran Portugal dan secara efektif mulai memerintah wilayahnya secara mandiri.

Pada tahun 1139, Afonso I menyatakan dirinya sebagai Raja Portugal (Afonso I dari Portugal) setelah mendapatkan pengakuan dari Gereja Katolik atas kemerdekaannya dari kekuasaan León.

Ia kemudian melanjutkan perjuangan militer melawan kekuatan Moor yang masih menguasai sebagian besar Semenanjung Iberia.

Afonso I berhasil merebut kota Santarém pada tahun 1147 dan, pada tahun 1179, mendapatkan pengakuan resmi dari Raja Kastilia atas kemerdekaan Portugal melalui Traktat Zamora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: