600 Meter Stop! Tips Lintasi Rel Kereta Api Agar Mesin Mobil Tidak Mati Mendadak

600 Meter Stop! Tips Lintasi Rel Kereta Api  Agar Mesin Mobil Tidak Mati Mendadak

Kereta Api Brantas saat menabrak truk tronton yang mendadak mesinnya mati di lintasan rel kereta Semarang, Selasa, 18 Juli 2023.--Twitter/@cekmediya--

Dalam kondisi mati mendadak begitu, mesin mobil pasti sulit ketika distarter kembali. Langkah paling aman ketika terjadi hal demikian pengemudi dan seluruh penumpang segera turun dari kendaraan.

PT KAI menyarankan para pengendara tidak menerobos pintu lintasan rel kalau kereta sudah terlihat.

Sekalipun jaraknya masih 1 kilometer. Sebab Kereta tidak bisa melakukan rem mendadak. Kalau pun  berhenti jaraknya sejauh 800 meter setelah dilakukan pengereman. 

Hal itu terjadi karena roda dan rel terbuat dari baja sehingga tidak ada friksi. 

Sementara penjelasan soal yang sama dari Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), pada rel kereta terdapat emisi elektromagnetik. 

Ada kabel penghantar arus listrik yang terpasang di yang tidak kompatibel dengan mesin mobil. Apalagi dalam jarak 600 meter dari Kereta Api, arus listrik akan menghantarkan medan magnet yang tinggi.

Dampak dari tingginya medan magnet mengakibatkan  putaran mesin mobil mendadak terhenti atau mati sat melewati perlintasan rel Kereta Api. 

Logikanya ketika ada arus listrik yang mengalir pada rel kereta bersentuhan dengan benda elektromagnetik yang tidak kompatibel, maka berpotensi menghasilkan emisi di atas ambang batas.

Paparan dari emisi itulah yang membuat sistem kelistrikan benda lain mati, termasuk mobil, karena Electronic Control Unit (ECU) yang menjadi penggerak utama mobil berhenti bekerja, dan akhirnya mobil mogok di atas rel Kereta Api.

Tips ketika akan melintasi rel Kereta Api agar tidak mengalami mesin mati mendadak:

1. Turunkan Kecepatan

Saat melintasi rel Kereta Api turunkan kecepatan mobil. Melaju dengan pelan sebab kontur jalur rel kereta berbeda dan licin. Lihat kanan dan kiri untuk memastikan tidak ada Kereta Api yang melintas.

 

2. Waspadai Kondisi Perlintasan Kereta

Kontur jalan lintasan kereta berbeda dengan jalan biasa. Umumnya menanjak karena perbedaan ketinggian jalan, juga rel kereta licin jadi memerlukan perhatian khusus ketika melintasinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: