Air Rebusan Daun Seledri untuk Menggantikan Terapi Cuci Darah? Daun Seledri untuk Ginjal HOAX

Air Rebusan Daun Seledri untuk Menggantikan Terapi Cuci Darah? Daun Seledri untuk Ginjal HOAX

Air Rebusan Daun Seledri untuk Menggantikan Terapi Cuci Darah? Daun Seledri untuk Ginjal HOAX - RADARTASIK.COM--

RADARTASIK.COM - Daun seledri untuk ginjal hoax, Belakangan ini, beredar klaim mengenai cara cuci darah murah menggunakan rebusan Daun seledri, yang dikaitkan dengan pernyataan Prof. Dr. Ir. Budi Indarto. 

Namun, apakah klaim ini benar? Dalam artikel ini, kita akan menganalisis fakta yang ada serta pendapat para ahli terkait klaim tersebut.

Klaim mengenai cara cuci darah murah dengan rebusan daun seledri telah diperiksa oleh sumber terpercaya dengan judul SALAH Ternyata Biaya untuk Cuci Ginjal Kurang dari 10.000. 

Dalam artikel tersebut, disebutkan bahwa Prof. Ir. Budi Indarto, yang dikaitkan dengan klaim tersebut, sebenarnya adalah seorang ahli di bidang Teknik Sipil, bukan ahli kesehatan terkait ginjal. 

BACA JUGA:Formasi AC Milan Musim Depan Usai Datangkan Loftus-Cheek dan Christian Pulisic

Hal ini mengindikasikan bahwa klaimnya tidak didasarkan pada pengetahuan medis yang relevan dan daun seledri untuk ginjal hoax.

Selain itu, klaim bahwa rebusan daun seledri dapat membersihkan ginjal belum didukung oleh uji klinis dan bukti ilmiah yang kuat. 

Dr. Taofik Rusdiana, Msi, Apt, seorang dosen dari Fakultas Farmasi Unpad yang menciptakan minuman dari ekstrak seledri, menyatakan bahwa daun seledri dapat menjaga kesehatan tubuh, termasuk ginjal, karena kandungannya yang kaya akan antioksidan, diuretik, dan kemampuannya melarutkan batu ginjal. 

BACA JUGA:2 Konser Musik di Kota Tasikmalaya Digelar Oktober, Bersiap Buat Para Baladewa!

Namun, tidak ada klaim bahwa daun seledri dapat secara efektif membersihkan ginjal dari racun, seperti yang tersebar dalam klaim murahnya cuci darah.

Artikel yang diterbitkan oleh Alodokter.com dengan judul Mengungkap Manfaat Daun Seledri untuk Ginjal juga tidak menyebutkan narasi bahwa daun seledri dapat membersihkan ginjal. 

BACA JUGA:Jepang Fokus Mendidik Karakter, Indonesia 'Riweuh' Zonasi PPDB Ada KK Palsu Sampai Uang Puluhan Juta

Artikel tersebut menyebutkan tiga manfaat daun seledri bagi ginjal, seperti kandungan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan ginjal, sifat diuretik yang dapat membantu mengurangi pembengkakan, dan kemampuan melarutkan batu ginjal. 

Namun, tidak ada klaim yang mendukung bahwa daun seledri dapat menggantikan fungsi terapi cuci darah dalam membersihkan darah dari limbah dan zat berbahaya yang biasanya dilakukan oleh mesin cuci darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: