RS Kanker Dharmais Akan Hadirkan Layanan Terapi Sinar Proton Hasil Kerja Sama dengan Medipolis Jepang

RS Kanker Dharmais Akan Hadirkan Layanan Terapi Sinar Proton Hasil Kerja Sama dengan Medipolis Jepang

Rumah Sakit Kanker Dharmais akan menghadirkan layanan Terapi Sinar Proton hasil kerja sama dengan Medipolis, Jepang.-RS Kanker Dharmais-

RS Kanker Dharmais Akan Hadirkan Layanan Terapi Sinar Proton Hasil Kerja Sama dengan Medipolis Jepang

JAKARTA, RADARTASIK.COM – RS Kanker Dharmais akan menghadirkan layanan kanker mutakhir Proton Beam Therapy (Terapi Sinar Proton) bagi masyarakat Indonesia.

Sinar proton menggunakan radiasi yang secara spesifik menghancurkan sel-sel tumor tanpa merusak jaringan sekitarnya yang sehat sehingga diyakini meminimalkan efek samping bagi pasien.

Untuk mewujudkan rencana itu, rumah sakit pusat kanker nasional ini kerja sama dengan Medipolis Proton Therapy and Research Center Jepang.

BACA JUGA: Terharu, Striker Persib Tenangkan Mantan Bek Persija yang Menangis Tergeletak di Lapangan

”Teknologi kanker berkembang sangat cepat dan canggih,” ujar Direktur Utama RS Kanker Dharmais Soeko Nindito seperti dilansir laman Kemenkes, Selasa 11 Juli 2023.

”Kami akan secara aktif menangkap peluang kerja sama agar penderita kanker di Indonesia bisa ikut mendapatkan pengobatan kanker terkini di dunia,” ujar dia.

Soeko menjelaskan kerja sama ini akan jadi sarana untuk mendapatkan transfer teknologi, pengetahuan dan kapasitas agar RS Kanker Dharmais dapat membangun fasilitas terapi sinar proton di Indonesia.

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan menegaskan pentingnya Indonesia memiliki fasilitas sinar proton.

BACA JUGA: Debut dan Menang, Mantan Pemain Persib Ini Langsung Jadi Pilihan Utama Pelatih Dewa United, Mainnya Tenang

”Terapi proton sudah dikembangkan lebih dari 50 tahun dan ada lebih dari 100 institusi di dunia yang memiliki proton, di antaranya Jepang, Korea, Taiwan, India, Thailand, dan Singapura,” ujar dia.

Dante menyatakan kemitraan Medipolis dan Dharmais tidak mewujudkan komitmen dua institusi untuk menghadirkan layanan terapi kanker tercanggih tetapi juga mempererat persaudaraan Jepang dan Indonesia

Penandatanganan kerja sama dilaksanakan oleh Direktur Utama RS Kanker Dharmais Soeko Nindito dengan Direktur Utama Medipolis Proton Therapy and Research Center Ryoichi Nagata tanggal 4 Juli 2023 di Tokyo.

Penandatanganan disaksikan langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono dan Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar RI John Boestami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: