Kohati Cabang Tasikmalaya Daftar ke Bawaslu Jadi Pemantau Pemilu 2024

Kohati Cabang Tasikmalaya Daftar ke Bawaslu Jadi Pemantau Pemilu 2024

Pertemuan Bawaslu Kota Tasikmalaya dengan Kohati Cabang Tasikmalaya, kemarin Senin 10 Juli 2023. istimewa--

Kohati Cabang Tasikmalaya Daftar ke Bawaslu Jadi Pemantau Pemilu 2024

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Kohati (Korps HMI Wati) Cabang Tasikmalaya melakukan silaturahmi dan koordinasi terkait dengan Pemilu 2024 dengan jajaran pimpinan Bawaslu Kota Tasikmalaya, kemarin Senin 10 Juli 2023.

Kohati bermaksud melakukan silaturahmi dan koordinasi ini untuk mendaftar sebagai pemantau Pemilu 2024 di Kota Tasikmalaya. 

Kohati merupakan badan khusus di HMI yang fokus pada isu keperempuan, sehingga ini menjadi langkah awal untuk melibatkan diri dalam pesta demokrasi Pemilu 2024 nanti.

BACA JUGA:Aji Santoso Evaluasi Dua Kekurangan Persebaya Jelang Pekan Ketiga Liga 1: Rotasi Pemain Lawan PSIS Semarang

"Karena sebagai organisasi perempuan yang merupakan bagian dari masyarakat dan juga tersirat dalam Undang-Undang nomor 17 tahun 2017," ujar Ketua Umum Kohati HMI Cabang Tasikmalaya, Anisa Yusuf kepada wartawan, Selasa 11 Juli 2023.

"Kita perlu terlibat aktif dalam pemantauan di setiap tahapan Pemilu 2024. Sehingga kita bisa memastikan bahwa peran perempuan dalam mengawal demokrasi bukan hanya dijadikan sebagai objek politik," sambungnya.

Tetapi, terang dia, bagaimana caranya perempuan menjadi subjek yang berkualitas entah dalam penyelenggara ataupun peserta Pemilu serta sama-sama mewujudkan Pemilu 2024 yang berintegritas dan berkeadilan.

"Kohati bukan hanya memastikan hak-hak bagi perempuan, tapi bagaimana kita saling memberdayakan untuk berkualitas bersama," terangnya.

BACA JUGA:Uang Rp 150 Juta Raib Dalam 20 Menit, Pencurian Modus Ganjal ATM di Tasikmalaya

Ketua Bidang Eksternal Kohati HMI Cabang Tasikmalaya, Nisa Tsamrotul menuturkan, tujuan dari pendaftaran pemantau Pemilu 2024 ini untuk memininalisir kecurangan politik yang terjadi.

"Sehingga pengawasan aktif dari kita sebagai organisasi independen dan sebagai mitra strategis dari Bawaslu," tuturnya. 

Kedatangan Kohati ini disambut baik oleh pimpinan Bawaslu Kota Tasikmalaya. Karena keberhasilan Pemilu tentunya juga hadir dari peran serta masyarakat. 

Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya, Ijang Jamaludin menandaskan, Kohati dan pihaknua dapat melakukan kolaborasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: