Tips Mengenal Jenis Rantai Sepeda Motor dan Cara Membersihkannya

Tips Mengenal Jenis Rantai Sepeda Motor dan Cara Membersihkannya

ilustrasi cara membersihkan rantai sepeda motor.-Istimewa-

BACA JUGA:Tega Banget, Menantu di Tasikmalaya Curi 1,5 Kilogram Emas dan Uang Tunai Ratusan Juta Milik Mertua

“Namun rantai tipe biasa atau yang tanpa ring juga dapat menjadi lebih awet jika dirawat dan dibersihkan dengan benar. Karena biasanya pengguna sepeda motor selalu melakukan kebiasaan buruk seperti melumasi rantai dengan oli bekas yang justru akan merusak rantai,” ujar Ade.

Ada beberapa beberapa tahapan untuk membersihkan rantai sepeda motor yang benar, bisa dilakukan bersamaan dengan mencuci semua bagian sepeda motor dan bisa juga hanya bagian rantai saja, diantaranya :

1. Sepeda motor harus dalam kondisi berdiri menggunakan standar tengah untuk membuat rantai dan gear bisa bergerak bebas.

2. Komponen rantai dan gear yang dalam kondisi kotor karena kerak kotoran dan oli dibersihkan terlebih dahulu menggunakan cairan khusus seperti cairan penetran atau bisa juga dengan cara mudah menggunakan bensin.

3. Gunakan sikat gigi bekas atau sikat lainnya untuk merontokan semua kotoran hingga kesela-sela sampai bersih.

4. Cuci menggunakan sabun khusus sepeda motor, tapi bisa juga menggunakan sabun pencuci piring untuk menghilangkan cairan, minyak atau oli yang memang sulit hilang jika hanya menggunakan air saja.

5. Jika sudah bersih dari kotoran, tahap selanjutnya adalah menggunakan cairan pelumas yang khusus digunakan untuk sepeda motor untuk menjaga rantai dan gear bergerak mulus dan membuat komponen tetap awet.

BACA JUGA:Dinda Aura Putri Segera Luncurkan Single Pertama, Disabilitas Kota Tasik Bersuara Emas yang Mirip Putri Ariani

“Hindari penggunaan oli bekas atau cairan lain yang bersifat korosif yang dapat merusak rantai dan menyebabkan lebih cepat berkarat. Perawatan rantai sebaiknya harus dilakukan rutin, baik saat mencuci sepeda motor maupun saat melakukan perbaikan atau service sepeda motor. Selalu gunakan komponen rantai dan gear dari Honda Genuine Part untuk menjamin keaslian dan keawetan produk,” ujar Ade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: