22 Desa dari 4 Kecamatan di Kabupaten Ciamis yang akan Terlewati Tol Getaci

22 Desa dari 4 Kecamatan di Kabupaten Ciamis yang akan Terlewati Tol Getaci

Peta jalur Tol Getaci. Istimewa--

22 Desa dari 4 Kecamatan di Kabupaten Ciamis yang akan Terlewati Tol Getaci

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis atau Getaci, adalah jalur bebas hambatan yang termasuk ke dalam salah satu proyek strategis Nasional (PSN) di Provinsi Jawa Barat.

Hal itu sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Ruas jalan Tol Getaci merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa, memiliki rute dari Gedebage (Kota Bandung), melalui Kabupaten Bandung, Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, berakhir di Cilacap


Ilustrasi gerbang exit tol. Istimewa--

Nilai investasi pembangunannya sekitar Rp 56,2 triliun dengan panjang 206,65 km yang melintasi wilayah Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,09 kilometer dan wilayah Provinsi Jawa Tengah sepanjang 37,56 kilometer.

Khususnya di wilayah Priangan Timur, Kabupaten Ciamis adalah daerah yang akan terlewati jalur Tol Getaci. 

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya berharap pembangunan jalan Tol Getaci ini dapat membantu pengembangan ekonomi daerah dengan peningkatan kunjungan wisata.

“Paling tidak masuk dan keluarnya dari Ciamis, nantinya perekonomian akan tumbuh,” ucap Herdiat kepada wartawan, belum lama ini.

BACA JUGA:3 Klub Serie A Bersaing Bawa Daniel Maldini Pergi dari AC Milan

Bupati menerangkan, pihaknua mendukung penuh pembangunan jalan Tol Getaci. Karena lalu lintas saat ini sudah sangat padat, sehingga waktu tempuh perjalanan menjadi lebih lama sepeti jika dari Ciamis ke Bandung.

Menurut Bupati, saat ini dibutuhkan waktu antara 4 sampai 5 jam untuk menempuh perjalanan sepanjang 100 kilometer, dan waktu tersebut dapat lebih lama jika jalanan padat.

“Paling tidak (kalau sudah ada Tol Getaci, Red) bisa ditempuh satu jam kalau perjalanan dengan jaral 100 kilo juga. Karena jalan tol lebih mempercepat,” terangnya.

Rencananya, exit tol untuk wilayah Kabupaten Ciamis akan berada di Kecamatan Pamarican dan melewati Kota Banjar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: