Harga Daging Ayam Potong di Tasikmalaya Tembus Rp 40 ribu per Kilogram

Harga Daging Ayam Potong di Tasikmalaya Tembus Rp 40 ribu per Kilogram

Pedagang daging ayam potong di Pasar Singaparna sedang merapikan barang dagangannya, Jumat 30 Juni 2023. ujang nandar / radartasik.com--

Harga Daging Ayam Potong di Tasikmalaya Tembus Rp 40 ribu per Kilogram

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Meski saat ini masih melimpah daging sapi dan kambing usai Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah di tiap rumah warga, namun harga daging ayam potong di Pasar Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, harganya naik hingga mencapai Rp 40 ribu per kilogramnya.

Kenaikan daging ayam potong ini mencapai 40 persen dari harga biasanya. Bila harga normal, dijual Rp 28 ribu sampai Rp 30 ribu per kilogramnya. Saat ini harganya malah naik berkisar Rp 37 ribu sampai Rp 40 ribu per kilogramnya.

Kenaikan harga daging ayam potong ini diduga dipicu oleh banyaknya permintaan konsumen, sementara pasokan tidak ada penambahan.

BACA JUGA:SUKSES Gabung Persib, Seorang Anak SMA Bermain Fantastis hingga Jadi Kapten Timnas Indonesia

Hal itu seperti diungkapkan salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Yeyen (52). 

Kata dia, kenaikan harga daging ayam itu, dipicu akan minimnya pasokan dari peternak. Sementara permintaan konsumen justru meningkat.

"Harga jual daging ayam potong sudah naik dari kemarin sebelum Idul Adha," katanya kepada radartasik.com, Jumat 30 Juni 2023.

Yeyen menerangkan, jika kenaikan itu belum diketahui sampai kapan. Karena saat ini para pertani atau peternak ayam mengeluh dengan naiknya harga pakan. 

BACA JUGA:CARA Dapat Diskon Harga Tiket Persib 20 Persen, Gampang Banget, Ikuti Syarat-syaratnya

"Katanya harga pakan naik juga, termasuk cuaca buruk, sehingga berimbas terhadap harga jual," terangnya.

Dengan kenaikan harga daging ayam potong itu, tambah dia, konsumennya mengambil langkah alternatif dengan membeli pentol ayam, ceker hingga tungir untuk dikonsumsi. 

Pembeli juga terpaksa mengurangi pembelian dari biasanya 1 kilogram kini paling menjadi setengah kilogram saja. 

"Sudah pada naik harga daging ayam. Alternatifnya beli ceker sama tungir. Meski lebih murah, namun rasanya tetap nikmat," cetus pembeli daging ayam potong, Safitri (35).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: