Bawaslu Tasikmalaya Lakukan Patroli Pengawasan Hak Pilih, Ini Hasilnya

Bawaslu Tasikmalaya Lakukan Patroli Pengawasan Hak Pilih, Ini Hasilnya

Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya saat melakukan patroli pengawasan hak pilih melalui uji petik data pemilih, Selasa 20 Juni 2023. istimewa--

Bawaslu Tasikmalaya Lakukan Patroli Pengawasan Hak Pilih, Ini Hasilnya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Guna memastikan hak pilih pada Pemilu 2024 mendatang, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan patroli pengawasan hak pilih melalui uji petik data pemilih, Selasa 20 Juni 2023.

Patroli pengawasan hak pilih itu dilakukan Bawaslu di tempat umum seperti pasar, terminal dan lainya. 

Dalam patroli pengawasan hak pilih ini Bawaslu sempat menemukan ketidak kelengkapan dan ketidakcocokan elemen data pemilih. 

BACA JUGA:Kredit bjb Mesra Raih Penghargaan Detik Jabar Awards 2023

Seperti pemilih di bawah usia 17 tahun yang tercatat dalam daftar pemilih sementara hasil perbaikan. 

"Kita selain lakukan pengawasan melekat, juga lakukan patroli pengawasan hak pilih untuk mengawal hak pilih warga," ujar Komisioner Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Ahmad Azis Firdaus kepada radartasik.com, Selasa 20 Juni 2023.

"Caranya melalui uji petik data pemilih dengan cara bertemu langsung dengan warga di tempat umum seperti pasar dan terminal guna memastikan masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih terdaftar dalam DPT Pemilu," sambungnya. 

Terang dia, hasil patroli pengawasan hak pilih ini masih ditemukan pemilih dengan kategori ketidaklengkapan dan ketidakcocokan elemen data.

BACA JUGA:Cheka Resmikan Hasil Pembangunan di 4 Kecamatan Kota Tasikmalaya, Pesannya: Semoga Bermanfaat untuk Masyarakat

Selain itu, dalam patroli pengawasan hak pilih ini juga ditemukan pemilih di bawah usia 17 tahun juga ganda dalam daftar pemilih sementara hasil perbaikan. 

"Bawaslu sudah merekomendasikan temuan ketidakcocokan elemen data ini untuk dihapus dan pemilih yang tidak memenuhi syarat untuk diverifikasi ulang KPU, sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap Pemilu 2024," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: