Rencana Pembangunan Tol Getaci Berlanjut, Diprioritaskan Hingga Ciamis

Rencana Pembangunan Tol Getaci Berlanjut, Diprioritaskan Hingga Ciamis

Herdiat Sunarya Bupati Ciamis -IMAN S RAHMAN/RADAR TASIKMALAYA-

CIAMIS,RADARTASIK.COM - Pembangunan Jalan Tol Getaci merupakan proyek strategis nasional yang bertujuan untuk memperlancar konektivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama di wilayah selatan Jawa Barat.

Rencananya, jalan tol ini akan memiliki total panjang 206,65 kilometer, melintasi wilayah Jawa Barat sepanjang 171,40 kilometer dan Jawa Tengah sepanjang 35,25 kilometer.

Awalnya, tahap pertama pembangunan Jalan Tol Getaci direncanakan mencakup jalur dari Gedebage hingga Tasikmalaya. 

Namun, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengumumkan bahwa prioritas pembangunan jalan tol ini akan dipindahkan hingga mencapai Ciamis dengan total jarak 108 kilometer.

BACA JUGA:Keren di Kota Tasik Sampah Diolah Jadi Lukisan Indah, Ini Kata Putri Maestro Seni Lukis (Alm) Affandi

Hal ini direspon positif oleh pemerintah daerah, terutama Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, yang berharap pembangunan jalan tol ini dapat membantu pengembangan ekonomi daerah dengan peningkatan kunjungan wisata.

“Paling tidak masuk dan keluarnya dari Ciamis, nantinya perekonomian akan tumbuh,” ucap Herdiat kepada wartawan, Kamis (16/6/2023).

Bupati Ciamis menyatakan dukungan penuh terhadap pembangunan jalan tol ini karena lalu lintas saat ini sudah sangat padat, sehingga waktu tempuh perjalanan menjadi lebih lama.

BACA JUGA:Polres Pangandaran Dalami Kasus Uang Tabungan Siswa yang Hilang

Menurut Bupati, saat ini dibutuhkan waktu antara 4 sampai 5 jam untuk menempuh perjalanan sepanjang 100 kilometer, dan waktu tersebut dapat lebih lama jika jalanan padat.

“Paling tidak (kalau sudah ada Tol) bisa ditempuh satu jam kalau perjalanan dengan jaral 100 kilo juga. Karena jalan tol lebih mempercepat,” ucapnya.

Rencananya, exit tol untuk wilayah Kabupaten Ciamis akan berada di Kecamatan Pamarican dan melewati Kota Banjar. 

BACA JUGA:Mantan Kapolres Tasikmalaya Kota Mendapat Promosi Bintang 3

Meskipun rute ini tidak langsung mencapai Ciamis, Bupati menyatakan bahwa pembangunan jalan tol ini tetap akan memberikan dampak positif bagi pembangunan wilayah Ciamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: