Daftar KlubTerkaya di Dunia: Juventus Peringkat 11, AC Milan Dua Tingkat di Atas Inter Milan

Daftar KlubTerkaya di Dunia: Juventus Peringkat 11, AC Milan Dua Tingkat di Atas Inter Milan

Ilustrasi Skuad AC Milan-Tangkapan Layar Instagram AC Milan-

RADARTASIK.COM -  Juventus peringkat 11 dalam daftar klub terkaya di dunia, sedangkan AC Milan dua tingkat di atas Inter Milan, menurut laporan Forbes.

Peringkat pertama sebagai klub terkaya di dunia ditempati oleh Real Madrid dengan nilai sebesar USD 6,7 miliar (sekitar Rp100 triliun). 

Manchester United menempati urutan kedua dengan nilai USD 6 miliar diikuti oleh Barcelona, Liverpool dan Manchester City untuk melengkapi lima besar.

Wakil dari Italia, Juventus, AC Milan dan Inter berada di luar 10 besar, kejutan muncul dari klub Amerika Los Angels FC yang menempati urutan ke-17 disusul oleh LA Galaxy dan Atlanta United FC dibawahnya.

BACA JUGA:Terkenal Sebagai Playboy, Silvio Berlusconi Sebut Kaka Pemuda Idaman Pujaan Para Wanita

Wakil Liga Inggris, Crystal Palace mengunci urutan 20 besar klub terkaya di dunia dengan nilai sebesar USD 806 juta.

Tahun ini, 20 klub sepak bola teratas di dunia rata-rata bernilai USD 2,89 miliar atau sekitar Rp 43 triliun, naik 14% persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

Sayangnya, peningkatan nilai klub tidak dihasilkan dari pendapatan yang hanya meningkat 2,5 persen sebesar USD 496 juta per klub pada tahun ini.

Kenaikan nilai klub terjadi karena konsep "kelipatan perusahaan" yang digunakan sebagai acuan untuk menentukan seberapa berharganya sebuah tim sepak bola. 

BACA JUGA:11 Quotes Terbaik Berlusconi: AC Milan Itu Mahal, Tapi Wanita Tercantik Juga Mahal Harganya

Kelipatan perusahaan adalah rasio antara nilai total perusahaan (biasanya dihitung berdasarkan nilai pasar) dibagi dengan pendapatan tim tersebut. 

Hasil penghitungan itu yang akan menjadi acuan bagi pemilik klub untuk menjual dan mencerminkan seberapa tinggi pembeli bersedia membayar untuk mengakuisisi sebuah tim sepak bola.

Artinya, pembeli atau investor lebih siap membayar harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan kepemilikan klub, meskipun pendapatan tim tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

AC Milan sendiri masuk dalam daftar klub terkaya setelah berhasil mengatasi kerugian hampir €200 juta dan menghasilkan keuntungan sebesar €144 juta dalam enam bulan pertama musim 2022-23.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: