TERUNGKAP Kapan Tol Cisumdawu Resmi Dioperasikan, Secara Fisik Selesai Lebih Cepat

TERUNGKAP Kapan Tol Cisumdawu Resmi Dioperasikan, Secara Fisik Selesai Lebih Cepat

Waktu Tol Cisumdawu resmi dioperasikan terungkap saat Komisi V DPR RI kunjungan kerja ke Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan, Jumat 9 Juni 2023.-Kementerian PUPR-

TERUNGKAP Kapan Tol Cisumdawu Resmi Dioperasikan, Secara Fisik Selesai Lebih Cepat

SUMEDANG, RADARTASIK.COM – Kapan Tol Cisumdawu resmi dioperasikan terungkap saat Komisi V DPR RI kunjungan kerja ke Tol Cileunyi – SUMEDANG – Dawuan.

Dalam kesempatan itu, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan pembangunan Tol Cisumdawu Seksi 4 – Seksi 6 (Cimalaka – Dawuan) akan rampung pertengahan Juni 2023.

Dengan rampungnya Seksi 4 – Seksi 6 sepanjang 29,3 km, Tol Cisumdawu dapat beroperasi seluruhnya sepanjang 62 km.

BACA JUGA: Saking Mewahnya Skuad Persib Bisa Dibagi 2 Tim Inti, Jadi Persib A dan Persib B, Berikut Ini Daftarnya

Sebelumnya Seksi 4 hingga Seksi 6 Tol Cisumdawu sudah dibuka secara fungsional saat mudik Lebaran 2023.

”Seksi 4 hingga 6 sudah hampir selesai semuanya, tinggal ada beberapa titik yang sedang proses finishing pada parapet dan aspalnya,” ujar Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Triono Junoasmono, Jumat 9 Juni 2023.

Secara target, kata dia, Tol Cisumdawu harus selesaikan semua pada 15 Juni 2023. Tetapi, secara fisik Kementerian PUPR mengupayakan bisa selesai lebih cepat yakni 12 Juni 2023.

”Sehingga, Tol Cisumdawu siap dioperasikan dan diresmikan secara keseluruhan pada bulan Juni ini,” katanya saat mendampingi Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI ke Tol Cisumdawu.

BACA JUGA: SUKSES Besar, Persib Pinjam 2 Pemain Hebat, Posisinya Bek dan Gelandang Serang

Untuk pekerjaan landscaping atau penghijauan, kata dia, akan diselesaikan seiring dengan berjalannya operasional Tol Cisumdawu.

”Sesuai arahan menteri, kami akan menambahkan penghijauan di lereng dan bahu jalan. Landscaping sudah mulai kami lakukan di Seksi 4, nanti akan kami replikasikan di seksi lainnya,” janji dia.

Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan biaya konstruksi Rp 5,5 triliun. Dari 6 seksi, Seksi 1 – 2 dikerjakan oleh Pemerintah melalui APBN sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut.

Sementara Seksi 3 – 6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: