Dubes Arab Saudi Mendadak Temui Menag, Ada Apa Sampai Menyebut 'Kami siap dipanggil Pak Menteri'

Dubes Arab Saudi Mendadak Temui Menag, Ada Apa Sampai Menyebut 'Kami siap dipanggil Pak Menteri'

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah Al-Amudi bertemu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.-Kemenag/Marjan Madyansyah-

Dubes Arab Saudi Mendadak Temui Menag, Kami siap dipanggil, Pak Menteri, Ada Apa?

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah Al-Amudi temui Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta.

Dubes Arab Saudi mendadak temui Menag untuk membicarakan masalah ketidakprofesionalan manajemen Saudia Airlines dalam pengangkutan jemaah haji 1444 H / 2023 M.

Kementerian Agama (Kemenag) sempat berharap otoritas Arab Saudi memeriksa manajemen Saudia Airlines, khususnya yang bertanggung jawab dalam penerbangan jemaah haji Indonesia.

BACA JUGA: Matahari Dept Store Tasikmalaya Kebakaran, Kepulan Asap Tebal di Lantai Dua

Pasalnya, sepanjang masa operasional haji 1444 H / 2023 M, Saudia Airlines sebagai salah satu maskapai pengangkut jemaah haji Indonesia kerap berbuat tidak profesional.

Langkah tidak profesional itu dilakukan antara lain dengan sering mengubah kapasitas seat pesawatnya maupun pergeseran waktu penerbangan. Tindakan itu dilakukan secara sepihak, tanpa persetujuan Kemenag.

Yaqut menjelaskan jemaah haji Indonesia itu banyak berasal dari kepulauan.

”Mereka harus terbang atau berangkat lebih awal dari tempat tinggal menuju embarkasi. Jika mereka harus menunggu, kita akan merasa kasihan,” ungkap dia, Kamis 8 Juni 2023.

BACA JUGA: Saking Mewahnya Skuad Persib Bisa Dibagi 2 Tim Inti, Jadi Persib A dan Persib B, Berikut Ini Daftarnya

”Dari perubahan-perubahan penjadwalan itu akan berpengaruh pada kelompok terbang (kloter) dan itu semua akan berpengaruh pada e-hajj,” sambung Menag.

Dia meminta pihak Saudi untuk sama-sama proaktif dalam membangun komunikasi selama masa operasional haji.

”Jika ada perubahan penerbangan, kami diberi tahu lebih awal agar kami bisa mempersiapkannya,” pinta Menag.

Menanggapi hal tersebut, Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah Al-Amudi menyesalkan terjadinya masalah penerbangan jemaah haji Indonesia yang dilakukan Saudia Airlines.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: