No Macet-Macet Rute Perjalanan Tasik-Jakarta Cuma 35 Menit Saja, Ini Caranya!

No Macet-Macet Rute Perjalanan Tasik-Jakarta Cuma 35 Menit Saja, Ini Caranya!

Pesawat Maskapai Susi Air pernah memberikan pelayanan untuk perjalanan Tasik-Jakarta.-Foto:tangkapanlayar/dok susi air-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Perjalanan TASIK-Jakarta yang biasanya ditempuh dalam kurun waktu sekitar 5-6 jam, kini bisa ditempuh hanya dalam kurun waktu 35-45 menit saja, dengan menggunakan pesawat udara melalui Bandara Wiriadinata Tasikmalaya.

Bahkan Presiden Jokowi juga memerintahkan agar runwai yang sat itu panjangnya baru 1200 meter agar ditambah menjadi 1600 meter.

Tahun 2017 tepatnya pada bulan Juni tanggal 10 di hari Sabtu, Bandara Wiridinata Tasikmalaya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pada saat ini Wali Kota Tasikmalaya yang menjabat adalah H. Budi Budiman.

Seiring dengan diresmikannya Bandara Wiriadinata Tasikmalaya, maka penerbangan komersil dari Tasikmalaya pun dibuka. Bahkan Presiden Jokowi pernah menyampaikan agar Maskapi Garuda Indonesia juga bisa melayani penerbangan untuk perjalanan Tasik-Jakarta.

BACA JUGA:Tilang Manual Diberlakukan, Satlantas Polres Banjar Punya 3 Anggota Bersertifikasi

Seiring dengan berjalannya waktu, maskapai penebangan yang melayani perjalanan Tasik-Jakarta pada saat itu adalah Wing Air Grup dari Lion Air.

Pesawat jenis ATR 72 dengan seat 70 orang resmi terbang untuk perjalanan Tasik-Jakarta, dengan waktu tempuh sekitar 35-45 menit saat itu. 

Jumlah penumpang saat itu juga cukup banyak setiap harinya, meskipun penerbangan hanya satu kali dalam sehari yaitu siang hari dari Tasik dan sore hari dari Jakarta tepatnya dari Halim Perdana Kusumah. Dengan harga tiket saat itu kurang dari Rp1 juta.

Namun penerbangan Wings Air melayani perjalanan Tasik-Jakarta tidak bertahan lama karena pada tahun 2020 terjadi pandemi Covid-19, sehingga saat itu rute perjalanan Tasik-Jakarta harus ditutup.

BACA JUGA:Datangkan Cuan, Warga Kota Banjar Beri Solusi Buat Para Petani

Kemudian pada bulan Agustus tahun 2022, Maskapai Susi Air mulai masuk untuk melayani penerbangan perjalanan dari Tasik-Jakarta.

Harga tiket yang diberlakukan saat itu sekitar Rp1,5 juta dengan penerbangan 4 kali dalam seminggu setiap Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu.

Maskapai penerbangan Susi Air terkenal sebagai penerbangan perintis yang melayani rute-rute tertentu di Indonesia. Namun Susi Air juga tidak bertahan lama dan menutup pelayanan penerangan untuk perjalanan Tasik-Jakarta.

Baru-baru ini PJ Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah juga kembali membuka peluang untuk bisa membuka penerbangan untuk perjalanan Tasik-Jakarta denga bertemu serta mengirimkan surat resmi kepada maskapi penebangan CitiLink. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber