Keluhan Kondisi Jalan Rusak Bermunculan, Mumpung Pemkot Tasik Inventarisasi, Jalan Mana Saja?

Keluhan Kondisi Jalan Rusak Bermunculan, Mumpung Pemkot Tasik Inventarisasi, Jalan Mana Saja?

Kondisi Jalan areal Pasar Cikurubuk sebelum dilakukan pemeliharaan atau penambalan.-istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Sekitar 20 persen atau 100 kilometer jalan rusak di Kota Tasikmalaya. Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya saat ini tengah melakukan inventarisasi kondisi jalan rusak agar bisa segera ditangani.

"Kemantapan jalan kita sebenarnya masih bagus ya, sekitar 80 persen. Artinya kondisi jalan rusak sekitar 20 persen," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, Selasa 23 Mei 2023.

Sekda Ivan Dicksan menyampaikan, panjang jalan di Kota Tasikmalaya yang menjadi tanggung jawab Pemkot sekitar 500 kilometer.

"Dulu waktu saya menjabat Kadis PU, panjang jalan itu 480 kilometer. Mungkin sekarang bertambah di kisaran 500 kilometer. Karena ada penambahan yang asalnya jalan lingkungan menjadi jalan Pemkot," terangnya.

BACA JUGA:Mau Tahu Harga Tiket Konser Krisdayanti ‘Mencintaimu’ di Singapura, Kalau Dirupiahkan Segini Harganya

Ivan menjabarkan, Pemkot telah menugaskan Dinas PUTR dan Bappelitbangda untuk inventarisasi kondisi jalan di Kota Tasikamalaya serta menyusun skala prioritas. Agar diketahui secara riil kondisi jalan rusak yang mencapai 100 kilometer itu.

"Pak PJ Wali Kota sudah minta inventarisasi kondisi jalan, sudah banyak yang rusak. Jadi disusun skala prioritasnya untuk kemudian masuk di perencanaan tahun 2024. Kecamatan dan Kelurahan sudah diminta membuat laporan kondisi jalan," bebernya.


Kondisi Jalan areal Pasar Cikurubuk setelah dilakukan pemeliharaan dengan penambalan, Selasa 23 Mei 2023. -Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

Dia menambahkan, untuk di tahun ini pihaknya belum menganggarkan untuk perbaikan jalan tersebut. 

"Sekarang dan nanti di perubahan belum dianggarkan, karena untuk tahun ini kita masih fokus dulu untuk membenahi kondisi defisit APBD," tambahnya.

BACA JUGA:MEMBANGUN The Dream Team 3.0, Persib Kumpulkan Wonder Kid Alumni Eropa, Ini Daftar Pemain Persib 2023

Sejumlah kerusakan jalan di beberapa titik di Kota Tasikmalaya itu sempat dikeluhkan masyarakat. Salah satunya kerusakan jalan di areal Pasar Cikurubuk. 

"Iya kerusakan jalan di areal Pasar Cikurubuk juga sudah menjadi perhatian kami. Tentu itu akan diprioritaskan dan saat ini sedang proses," jelas Ivan.

Kerusakan jalan di areal Pasar Cikurubuk terjadi di jalan utama atau Jalan Pasar Cikurubuk memanjang hingga ke terminal angkot Pasar Cikurubuk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: