IGRA Kota Banjar Sambut Baik Madrasah Smart Digital, Cara Efektifitas dan Efisiensi Pekerjaan Guru

IGRA Kota Banjar Sambut Baik Madrasah Smart Digital, Cara Efektifitas dan Efisiensi Pekerjaan Guru

Ketua IGRA Kota Banjar Nikmatul Munfarihah SPd I saat diwawancarai Senin 15 Mei 2023 di Gedung Dakwah Masjid Agung Kota Banjar.-Anto Sugiarto-radartasik.disway.id

BANJAR, RADARTASIK.COM - Kemajuan teknologi saat ini tidak dapat dihindari lagi. Hampir semua bidang tidak terkecuali di bidang pendidikan (madrasah) mulai menyasar pemanfaatan teknologi berbasis digital. 

Melalui aplikasi Madrasah Smart Digital (MSD), tidak hanya berlaku di jenjang pendidikan Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs), tapi juga hingga Raudhatul Athfal (RA). 

Ketua Ikatan Guru Raudhatul Athfal atau IGRA Kota Banjar Nikmatul Munfarihah SPd I, menyambut baik hadirnya aplikasi MSD. 

"Alhamdulillah baru dilaunching di kita (khusus RA), untuk memudahkan guru dalam pengawasan madrasah yang ada di Kota Banjar," ucapnya Senin 15 Mei 2023 usai halal bihalal di Gedung Dakwah Masjid Agung. 

BACA JUGA:Wilujeng Sumping, Persib Akan Kedatangan Sosok Lokal Penting Lagi Setelah I Putu Gede

Dia menjelaskan, tujuan MSD untuk meningkatkan mutu madrasah secara terintegrasi dan berbasis kinerja terhadap pengawas, kepala dan guru madrasah secara online.

"Baik menggunakan smartphone (HP) atau laptop yang dapat dilakukan dimanapun dan kapan saja," jelasnya. 

Selain itu, kehadiran Madrasah Smart Digital dapat menunjang efektifitas dan efisiensi pembelajaran di madrasah dengan cepat dan tepat, karena dilakukan secara online. 

Madrasah smart digital merupakan madrasah yang menyelenggarakan pengelolaan pendidikan menggunakan aplikasi digital.

BACA JUGA:WAJAH Kawasan Wisata Dieng Bakal Dipercantik, Simak Rencana Lengkap PUPR

Menurutnya, perangkat digital bukanlah tujuan utama, melainkan sebagai alat bantu penunjang efektifitas dan efisiensi guru. 

"Ini merupakan implementasi dari kurikulum merdeka, dengan memanfaatkan teknologi saat ini," pungkasnya. 

Wali Kota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih mengapresiasi adanya Madrasah Smart Digital tersebut, hanya saja sarana penunjang aplikasinya harus dipersiapkan dengan baik. 

"Untuk tingkat TK juga sudah ada, tapi belum semua. Ada yang dibantu dan ada juga yang mandiri," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: