Berawal dari Rute Tasik-Cirebon di Tahun 1977, Pengusaha Bus dari Ciamis Kini Makin Moncer

Berawal dari Rute Tasik-Cirebon di Tahun 1977, Pengusaha Bus dari Ciamis Kini Makin Moncer

Bus Gapuraning Rahayu atau Gara tidak Hany memiliki rute Tasik-Cirebon saja juga sudah melayani kebutuhan transportasi untuk pariwisata.-foto:tangkapanlayar/do gapuraning rahayu-

CIAMIS, RADARTASIK.COM - Perusahaan bus dari Ciamis yang dimiliki oleh H. Moch Karno mengawali bisnis transportasinya pada tahun 1977 tepatnya pada bulan Januari di tanggal 1. 

Saat itu bus Gapurning Rahayu atau disebut Gara memiliki garasi di Jalan Stasiun Nomor 47 Ciamis.

Rute yang jadi perintisnya adalah Tasik-Cirebon. Kelima armada yang digunakan saat itu berupa micro bus Mitsubitshi Colt Diesel.

BACA JUGA:Resmi Gabung Persib, 2 Bintang Persebaya Sempat Dikontak Persija Jakarta, Ini Cerita Transfer Mereka

Banyaknya penumpang dari Tasik yang menuju Cirebon saat itu, dalam jangka satu tahun H. Moch Karno kembali menambah armada baru sebanyak 2 unit dengan rute yang sama yaitu Tasik-Cirebon. 

Kali ini armada yang digunakan adalah 1 bus Mercedes Benz tahun 1977 dan 1 unit bus Mitsubishi Fuso tahun 1978.

Tiga tahun dari 1977 tepatnya pada tahun 1980, Perusahaan bus dari Ciamis ini kembali melakukan peremajaan juga menambah armada untuk rute yang sama, yaitu Tasik-Cirebon.

BACA JUGA:SEJARAH TERCIPTA! PLN Raih Laba Bersih Rp 14.4 Triliun

Tasik-Cirebon menjadi rute favorit karena bnayaknya masyarkat Tasik yang pergi ke Cirebon untuk berbagai aktivitas. 

Penambahan dan peremajaan di tahun 1980 sampai dengan 1982 berupa 5 unit bus Hino B tahun 1980 yang menggantikan 5 unit bus awal yaitu Mitshubishi Colt Diesel.

Kemudian untuk penambahan armada ada 7 unit bus baru yang disediakan untuk rute Tasik-Cirebon yaitu 6 unit bus Hino BX tahun 1981 juga 2 unit bus Hino BB tahun 1982.

BACA JUGA:Dukung KTT ASEAN 2023, Pelindo Layani Pengiriman 200 Mobil Listrik ke Labuan Bajo

Sehingga perjalanan perusahaan bus dari Ciamis ini dalam jangka lima tahun sudah memilik 13 unit armada bus dengan rute Tasik-Cirebon.

Tidak terasa puluhan tahun merintis bisnis, kini bus Gapuraning Rahayu makin minder. Ada puluh bus yang digunakan bahkan juga memiliki bus pariwisata yang melayani berbagai kebutuhan transportasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: