TERBUKTI Efektif Perlancar Arus Mudik, Begini Rencana Tol Cisumdawu Selanjutnya

TERBUKTI Efektif Perlancar Arus Mudik, Begini Rencana Tol Cisumdawu Selanjutnya

Begini rencana Tol Cisumdawu selanjutnya usai terbukti efektif perlancar arus mudik dan balik Lebaran 2023.--BPJT--

TERBUKTI Efektif Perlancar Arus Mudik, Begini Rencana Tol Cisumdawu Selanjutnya

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Langkah Kementerian PUPR membuka fungsional Jalan Tol Cisumdawu terbukti efektif perlancar arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Tol Cisumdawu yang dibuka fungsional selama arus mudik dan balik Lebaran 2023 adalah Seksi 4 – Seksi 6 (Cimalaka – Dawuan) sepanjang 29,3 km.

Kondisi Tol Cisumdawu yang menghubungkan 2 ruas tol yaitu Tol Purbaleunyi dengan Tol Cipali (Cikoko – Palimanan) relatif lancar dengan kondisi cuaca juga cerah.

BACA JUGA: Sudah Resmi Persib Kontrak 4 Bintang Segar Menjanjikan, Posisinya 1 Bek dan 3 Gelandang

Pada Desember 2022, tol Cisumdawu (Cileunyi – Sumedang – Dawuan) Seksi 1-3 dari Cileunyi ke Cimalaka sepanjang 32,5 km telah operasional.

Dengan demikian, Tol Cisumdawu telah tersambung utuh sepanjang 62 km dari ruas Tol Cipularang hingga ruas Tol Cipali.

”Tol Cisumdawu Seksi 4 - 6 secara struktur sudah selesai semua. Hari ini fokus pada perapiannya, termasuk pemasangan rambu-rambunya,” kata Menteri Basuki saat meninjau Jalan Tol Cisumdawu pada Sabtu 15 April 2023.

Basuki mengatakan ada 3 hal yang menentukan kelancaran mudik yaitu kesiapan prasarana atau infrastruktur, pengaturan lalu lintas dan perilaku pengemudi.

BACA JUGA: Resmi 2 Bintang Persebaya Gabung Persib, Posisinya Bek dan Gelandang Serang, Ini Lika-Liku Transfernya

”Dari segi prasarana, untuk Tol Cisumdawu saya sampaikan sudah siap dimanfaatkan secara fungsional. Dari Cimalaka sampai Dawuan akan dibuka 2 lajur secara gratis untuk arus mudik Lebaran 2023,” ujar dia seperti dikutip dari laman BPJT.

Jalan Tol Cisumdawu yang akan dibuka fungsional dalam rangka mendukung arus mudik Lebaran 2023 terdiri dari 3 seksi.

Seksi 4 Cimalaka – Legok sepanjang 8,2 km. Seksi 5 Legok – Ujung Jaya sepanjang 14,9 km. Seksi 6 Ujung Jaya – Dawuan termasuk Junction Dawuan sepanjang 6,1 km.

Kondisi Jalan Tol Cisumdawu relatif lancar dengan kondisi cuaca cerah. Pada Jumat 21 April 2023 pukul 08.30 WIB, pantauan arus lalu lintas di seksi 1 – 3 lancar dengan kondisi cuaca cerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: