Mudahnya Bayar Zakat Cuma dengan Scan Barkode QRIS, Bisa Dilakukan di Mana Saja dan Kapan Saja

Mudahnya Bayar Zakat Cuma dengan Scan Barkode QRIS, Bisa Dilakukan di Mana Saja dan Kapan Saja

Ketua PIPEBI Tasikmalaya Sitaresmi Aswin (paling kanan) menunjukan barcode QRIS kepada PJ Ketua TP PKK Kota Tasikmalaya Dwi Cheka Virgowansyah (berbaju hitam) untuk melakukan transaksi wakaf Alquran Brille di acara Marhaban, Kamis 13 Aprl 2023.-Foto:tina/radartasik.disway.id-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Bulan suci Ramadan umat muslim tidak hanya menjalan ibadah puasa, namun juga ibadah sunah lain. Tapi juga ibadah wajib yang harus dilakukan adalah membayar zakat.

Membayar zakat saat ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Mudahnya bayar zakat cuma dengan scan barkode QRIS yang kini mulai tersebar di berbagai lembaga. Baik lembaga keagamaan, perusahaan-perusahaan maupun di lembaga pemerintahan.

Persatuan Istri Pegawai Bank Indonesia (PIPEBI) Tasikmalaya bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tasikmalaya, menggelorakan dan mengajak para ibu untuk melakukan pembayaran zakat, baik itu zakat fitrah maupun zakat mal melalui QRIS dari Baznas Kota Tasikmalaya.

BACA JUGA:KEREN! Ikon Baru Kota Tasikmalaya Siap Menyapa Pemudik Lebaran 2023

Kegiatan dikemas dengan acara “Talkshow Zakat Mudah Bersama Bznas” dengan pembicara Wakil Ketua I Baznas Kota Tasikmalaya, KH. Aminudin Bustomi, M.Ag di Kantor Bank Indonesia Tasikmalaya, Kamis 13 April 2023.

Ketua PIPEBI Tasikmalaya, Sitaresmi Aswin menyampaikan sesama perempuan kita saling mengingatkan untuk jalan kebaikan. Terlebih di bulan suci Ramadan, banyak kebaikan yang bisa dilakukan sebagai amalan ibadah.

“Salah satunya melalui kegiatan ini mengajak para ibu untuk aktif berzakat, terlebih saat ini untuk melakukan zakat itu mudah. Bisa di mana saja dan kapan saja. Juga melalui kegiatan ini kita bisa menambah ilmu, dan memberikan wakaf untuk Alquran Brile yang akan disumbangkan bagi para penyandang tuna netra. Sekalian belajar, kita juga wakaf dan menunaikan kewajiban berzakat,” ungkapnya.

BACA JUGA:Mau Mudik Lebaran 2023? Ketahui Peta Kuliner Jawa Barat, Salah Satunya Nasi Cikur Tasikmalaya

Selain mengajak para perempuan berzakat, melalui kegiatan tersebut, Sita juga turut mendorong penggunaan transasi non tunai melalui QRIS dalam kegiatan keagamaan, termasuk salah satunya untuk membayar zakat.

"Kami juga ingin menyampaikan bila penyediaan alternatif pembayayaran secara digital memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat dalam menunaikan kewajiban membayar zakatnya,” ungkapnya lagi.

Sehingga dimomentum ulan suci Ramadan ini, Sita mengajak kaum perempuan di Kota Tasikmalaya untuk memanfaatkan kanal-kanal digital yang telah disediakan oleh Baznas Kota Tasikmalaya dalam membayar berbagai jenis zakat.

BACA JUGA:AC Milan Taklukkan Napoli 1-0, Davide Calabria Senang Matikan Kvaratskhelia

Kepala Kantor Bank Indonesia perwakilan Tasikmalaya, Aswin Kosotali, menuturkan potensi zakat di wilayah Kota Tasikmalauya cukup besar yaitu Rp81,5 miliar. Sedangkan potensi zakat nasional sekitar Rp17,8 Triliun hingga Rp21 Triliun. 

“Melalui dukungan dai zakat ini dapat membantu peningkatan pndapatan masyarakat. Melaui zakat kita dapat mengaplikasikan tiga dimesi. Yaitu dimensi spiritul, dimensi sosial dan dimensi ekonomi,” tuturnya pada saat menyampaikan sambutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: