Rencana Wisata Citanduy Waterway, Kepala BBWS: Butuh Kajian Lebih Dalam

Rencana Wisata Citanduy Waterway, Kepala BBWS: Butuh Kajian Lebih Dalam

Kepala BBWS Citanduy Hendra Ahyadi ST MT saat diwawancarai usai peringatan Hari Air se-Dunia, Kamis 16 Maret 2023.-Anto Sugiarto-radartasik.disway.id

BANJAR, RADARTASIK.COM – Rencana Pemkot Banjar membangun Wisata Citanduy Waterway disambut baik oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy Hendra Ahyadi ST MT. 

Hanya saja, pemanfaatan air Sungai Citanduy jika digunakan untuk menjadi Wisata Citanduy Waterway butuh kajian lebih dalam lagi. 

"Terus terang, butuh kajian lebih dalam lagi jika untuk pemanfaatan Susur Sungai Wisata Citanduy Waterway," ucapnya, Kamis 16 Maret 2023 usai peringatan Hari Air se-Dunia di lapangan golf BBWS Citanduy.

Sambung dia, Sungai Citanduy memiliki arus dan cukup dalam sehingga untuk aspek keamanan harus dikaji bersama. 

BACA JUGA:Tanggal 25 Maret Harus Matikan Lampu Selama 1 Jam Kenapa Ya?

Pihaknya juga akan berkoordinasi kembali dengan Pemkot Banjar terkait rencana pembangunan Wisata di Citanduy tersebut. "Dengan harapan apa yang diinginkan Pemkot Banjar bisa terwujud," terang dia. 

Diberitakan sebelumnya, upaya meningkatkan kunjungan wisatawan datang ke Banjar, Pemkot Banjar berencana membuat Wisata Citanduy Waterway. 

Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana mengatakan Banjar tidak memiliki lautan seperti Pangandaran, tapi dibelah oleh Sungai Citanduy. Hal tersebut menurutnya menjadi peluang jika dikelola dengan baik. 

"Rencananya akan dibangun Wisata Citanduy Waterway dengan memanfaatkan Sungai Citanduy sebagai daya tariknya," katanya, Selasa 07 Maret 2023 usai menghadiri Festival Citanduy. 

BACA JUGA:Bakso Favorit Emak-Emak untuk Munggahan Cuma Ada di Tasikmalaya

Menurut Nana, rencananya Waterway itu titik awal di Pusdai, lalu berhenti di Taman Eco Park dan berakhir di Bendung Doboku menggunakan sebuah perahu khas. 

"Untuk konsepnya masih dimatangkan, karena ini baru rencana mudah-mudahan bisa terealisasi. Terlebih nanti jika Bendungan Leuwikeris beres," jelasnya. 

Kadispora Kota Banjar Dedi Suardi menambahkan, terkait wisata di Citanduy waterway sudah diajukan dan saat ini masih proses kajian Fisibiliti Studi (FS) atau studi kelayakan. 

"Alhamdulillah Wali Kota dan Wakil Wali Kota menyambut baik dan mendukung, terlebih nanti ada kuliner terapungnya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: