ASYIK Saldo Tidak Hangus! Bansos Cair Penyaluran Melalui Bank

ASYIK Saldo Tidak Hangus! Bansos Cair Penyaluran Melalui Bank

Sekretaris Dinsos PPKB PPA Kabupaten Tasikmalaya dr Eli Hendalia. -Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Anak  (Dinsos PPKB PPA) Kabupaten Tasikmalaya memastikan seluruh penerima Bantuan Sosial di Kabupaten Tasikmalaya melalui Bank Himbara.

Sekretaris Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Anak  (Dinsos PPKB PPA) Kabupaten Tasikmalaya dr Eli Hendalia mengatakan, saat ini basos cair penyaluran melalui Bank Himbara. 

Penerima bantuan sudah ada data dari Kementerian, sehingga penerima sudah memiliki nomor rekening, pin dan lainnya. "Sebetulnya pencairan bansos ini pola lama, hanya saja sebelumnya didistribusikan melalui ewallet, dicairkan melalui E-Warung. Saat ini melalui gerai-gerai BRI, bisa di teler, ATM dan BRIlink," kata dr Eli katanya kepada radartasik.com, Kamis 09 Maret 2023.

Eli juga memastikan bahwa semua penerima mendapatkan rekening himbara. Karena sudah adanya MoU antara Direktorat Jaminan Sosial dan Bank BRI pusat.

BACA JUGA:Harga Telur Ayam di Dua Pasar Besar di Kota Tasik Terus NAIK 

"Untuk penyalurannya memang tidak melalui BRI Cabang, tetapi langsung ke BRIlink, jadi pencairan kebanyakan di BRIlink," kata dia.

Yang lebih fleksibel yakni saat ini bansos tersebut bisa disaldokan. Artinya saat bansos cair penyaluran melalui bank, uangnya bisa diambil sebagian. 

"Jadi tidak harus dibelanjakan habis hari itu dan juga bisa digunakan berbagai kebutuhan, dan tidak dipatok seperti E-warung," kata dr Eli.

Keuntungan lainnya yakni bansos cair bisa disaldokan, tujuannya untuk membiasakan masyarakat memiliki saldo tabungan atau uang dalam bentuk elektronik. "Artinya bisa disisakan uang bantuannya dalam bentuk saldo. Jadi saldo tidak hangus," ujar dia.

BACA JUGA:Menyentuh Hati, Pelajar SMPN 3 Kota Tasik Patungan Beli Sepatu sampai Viral di Medsos

Karena bisa disaldokan, maka bila penerima bantuan tidak mengabil saat itu, uang bantuan masih berada di rekening dan menjadi tabungan. "Tidak hangus, karena penerima juga bisa menyaldokannya," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: