Gagal Menanjak, Truk Bermuatan Kabel Terjun ke Jurang sedalam 15 Meter di Tasikmalaya, Empat Penumpang Luka

Gagal Menanjak, Truk Bermuatan Kabel Terjun ke Jurang sedalam 15 Meter di Tasikmalaya, Empat Penumpang Luka

Truk pengakut kabel telekomunikasi bernomor polisi B-9906-TQ masuk jurang akibat gagal menanjak, Rabu 8 Maret 2023 sore.-Istimewa-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Sebuah truk bermuatan kabel terjun ke jurang sedalam 15 meter di Jembatan Cisalak, Jalan Barumekar, Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu 08 Maret 2023. Truk tersebut diduga gagal menanjak kemudian terjun ke jurang dan mendarat di sungai.

Kecelakaan lalu lintas tunggal tersebut terjadi sekitar pukul pukul 16.00.

Kapolsek Parungponteng, Ipda Yadin Aryadin membenarkan ada peristiwa kecelakaan tunggal yang dialami oleh truk bermuatan kabel. Dalam kendaraan tersebut empat orang penumpang truk asal Jakarta itu mengalami luka-luka dan dievakuasi menuju layanan medis terdekat.

"Betul kejadian kecelakaan tunggal di tanjakan kawasan Jalan Barumekar. Mobil truk pengangkut kabel telekomunikasi masuk jurang dari atas jembatan," katanya saat di hubungi melalui sambungan telepon, Rabu 08 Maret sore.

BACA JUGA:HAYU! Setelah di Kejaksaan, Besok Operasi Pasar Murah di Depan Masjid Agung Gebu

Kanit Gakkum Satlantas Polres Tasikmalaya, Ipda Aripin menambahkan, truk bermutan kabel tersebut semula akan menuju Kecamatan Bojongasih untuk pemasangan kabel telekomuikasi. 

Sopir truk, Djayanto Setiawan (38) asal Jakarta tidak mengetahui rute perjalanan. Mereka, sambung Aripin, masuk ke jalan kecil karena mengikuti aplikasi penunjuk arah. "Mereka melihat melalui google maps," kata dia.

Selain pengendara tidak mengenal medan, truk gagal menanjak yang diduga sistem pengereman gagal berfungsi. Truk nahas tersebut kembali mundur. 

“Pada saat bersamaan sulit dikendalikan laju kendaraan hingga menghantam pembatas jembatan dan terjun masuk jurang. Truk ini mau bawa kabel ke Bojongasih, lewat Parungponteng," tutur Aripin.

BACA JUGA:Empat Fakta Penting BATERAI MOTOR Listrik, Yuk Pelajari Biar Paham

Truk bernomor polisi B-9906-TQ terbalik di dasar jurang yang merupakan Sungai Ciwulan. Proses evakuasi penumpang sempat dramatis, karena kondisi mobil ringsek. 

Beruntung, sopir dan penumpangnya termasuk ibu rumah tangga, lolos dari maut. Korban mengalami luka-luka dan salah tulang. 

"Ada empat orang penumpang sama sopirnya. Tidak ada yang meninggal. Hanya luka-luka dan ditangani medis. Sekarang sudah pulang," jelas dia.

Hingga petang, proses evakuasi bangkai truk masih dilakukan Unit Gakkum Satlantas Polres Tasikmalaya, menggunakan alat berat. Medan yang sulit membuat proses evakuasi truk terkendala. Apalagi terdapat kabel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: