Asyik, Wisata Citanduy Waterway Bakal Dibangun, Hadirkan Kuliner Terapung

Asyik, Wisata Citanduy Waterway Bakal Dibangun, Hadirkan Kuliner Terapung

Titik awal rencana dermaga Citanduy Waterway di Pusdai, pinggir Sungai Citanduy.-Anto Sugiarto-radartasik.disway.id

BANJAR, RADARTASIK.COM - Upaya meningkatkan kunjungan wisatawan datang ke Kota Banjar, Pemkot Banjar bakal membuat Wisata Citanduy Waterway.

Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana mengatakan, Banjar tidak memiliki lautan seperti Pangandaran. Kota ini menurutnya dibelah Sungai Citanduy dan hal itu menjadi peluang jika dikelola dengan baik. 

"Rencananya akan dibangun Wisata Citanduy Waterway dengan memanfaatkan Sungai Citanduy sebagai daya tariknya," katanya Selasa 07 Maret 2023 usai menghadiri Festival Citanduy. 

Menurut Nana, titik awal kawasan wisata ini berada di Pusdai, lalu berhenti di Taman Eco Park dan berakhir di Bendungan Doboku menggunakan sebuah perahu khas.

BACA JUGA:HORE...!! Ada 3 Bantuan Jelang Ramadhan 2023, Ini Masyarakat yang Jadi Sasaran 

"Untuk konsepnya masih dimatangkan, karena ini baru rencana mudah-mudahan bisa terealisasi. Terlebih nanti jika Bendungan Leuwikeris beres," jelasnya. 

Kadispora Kota Banjar Dedi Suardi menambahkan, Wisata Citanduy Waterway sudah diajukan dan saat ini masih proses kajian Fisibiliti Studi (FS) atau studi kelayakan.


Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana saat memberi sambutan di Festival Citanduy, Selasa 07 Maret 2023.-Istimewa-radartasik.disway.id 

"Alhamdulillah Wali Kota dan Wakil Wali Kota menyambut baik dan mendukung, terlebih nanti hadirkan kuliner terapung," jelasnya. 

Kuliner terapung tersebut nantinya menggunakan sebuah perahu khusus, sehingga pengunjung bisa sambil menikmati kuliner di atas perahu. 

BACA JUGA:Kesempatan Sukwan dan Honorer Guru Jadi PPPK di Kabupaten Tasik, 2023 PNS Pensiun Jumlahnya Ratusan

Diakuinya, untuk mewujudkan kawasan wisata di Citanduy tersebut membutuhkan anggaran yang tidak sedikit dan tidak memungkinkan dari APBD Kota Banjar. 

"Jika dari APBD kota, tidak bisa terakomodir maka kita ajukan ke Provinsi Jabar mudah-mudahan bisa terealisasi," tegasnya. 

Sekadar gambaran, kasawan wisata di Citanduy ini dibuatkan dermaga kawasan Pusdai, lalu di Taman Eco Park dan berakhir di Bendungan Doboku. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: