5 Fakta Unik Bahasa Indonesia, Ternyata Jadi Bahasa Resmi Kedua di Vietnam

5 Fakta Unik Bahasa Indonesia, Ternyata Jadi Bahasa Resmi Kedua di Vietnam

Ilustrasi 5 fakta unik yang dimiliki Bahasa Indonesia.-Foto:tangkapanlayar/dokpinterest-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Bahasa Indonesia dalaha Bahasa resmi negara kita, bahkan juga tercantum dalam Undang-Undang dASAR 1945.

Salah satu sejarah Bahasa Indonesia adalah tertuang pada Sumpah Pemuda, yang salah satu isinya menjunjung Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Bahasa Indonesia kita menjadi bahasa terbesar di Asia Tenggara penyebaran sudah lebih dari 47 negara di seluruh dunia.

Dikutip dari perpustakaandikbud, berikut 5 fakta untuk tentang Bahasa Indonesia:

BACA JUGA:RAGAM Manfaat TOMAT, Ternyata Bisa Cegah Penyakit Jantung

1. Bahasa ke-9 Terbanayak Digunakan di Dunia

Indonesia merupakan negara dengan urutan ke-4 populasi terbanayak di dunia. Sedangkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa di urutan ke-9 yang banyak diguanakan juga dipelajari di dunia seperti di Amerika Serikat, Kanada, Vietnam, Australia dan lainnya.

2. Pernah Dibawa ke Luar Angkasa

Pada tahun 1977 NASA meluncurkan sebuah satelit ke luar angkasa yang membawa kepingan emas berisi data berbagai bahasa, suara, dan musik, dari berbagai tempat di bumi. Bahasa Indonesia merupakan salah satu dari 55 bahasa yang dikirimkan ke luar angkasa.

BACA JUGA:Penyaluran BPNT Tidak Melalui E-Warung, Begini Skema Baru Pencairan Bansos Tahun 2023

3. Menjadi Bahasa Resmi Kedua di Vietnam

Bahasa Indonesia bersama dengan Bahasa Inggris, Perancis dan Jepang adalah adalah bahasa resmi ke dua di Vietnam. penetapan ini dilakukan pada tahun 2007 lalu, ada tiga universitas di Vietnam yang menyediakan program Bahasa Indonesia yitu Hong Bang University, HCMC National University dan The University of Social and Humanities in Vietnam.

4. Menjadi Bahasa yang Popular di Australia

Pada tahun 1994 ada 50 sekolah di Australia yang menyediakan pelajaran Bahasa Indonersia. pada tahun 1997 jumlahnya meningkat tiga kali lipat. pada tahun 2016 lebih dari 30.000 siswa di Australia belajar Bahasa Indonesia. Bahkan Bahasa Indonesia jadai mata pelajaran wajib yang diambil oleh siswa. Bahasa Indonesia merupakan Bahasa yang banyak dipelajari selain Bahasa Italia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: