Belajar Atur Keuangan Sejak Dini Yuk, Hindari HEDONIC TREADMIL

Belajar Atur Keuangan Sejak Dini Yuk, Hindari HEDONIC TREADMIL

Retno Dyah Pekerti, M.Ak Dosen Universitas Cipasung Tasikmalaya.-Foto: istimewa-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Zaman sekarang kalau nggak pinter-pinter ngatur keuangan sepertinya bakal banyak kebablasan.

Ada banyak aplikasi dan teknologi yang memberikan kemudahan untuk berbagai macam aktivitas yang berkaitan dengan keuangan.

Buat belanja, kita denga mudah bisa pilih melalui berbagai aplikasi belanja online. Bahkan kalau lagi kepepet nggak punya uang, aplikasi pinjaman online juga dengan mudah bisa diakses.

Tapi itu semua bukan solusi dalam mengatur kondisi keuangan kita. Maka dari itu yuk belajar atur keuangan sejak dini, salah satunya hindari Hedonic Treadmil.

BACA JUGA:KUATKAN Implementasi Perda Nomor 7 Tahun 2014, H. Asep Deni: Saran Saya Libatkan RT RW dan FPP

Salah seorang Dosen dari Universitas Cipasung Tasikmalaya, Retno Dyah Pekerti, M.Ak memberikan penjelasan tentang apa itu Hedonic Treadmil. 

Hedonic Treadmil itu adalah kondisi di mana saat kita menemukan sesuatu yang baru kemudian muncul rasa ingin memiliki atau mendapatkan.

Kemudian kita membelinya dan muncul rasa bahagia, akan tetapi lama-kelamaan akan timbul rasa bosan., dan menemukan lagi hal yang baru. Begitulah lingkaran dari Hedonic Treadmil yang akan terus berulang.

Atur keuangan sejak dini jangan sampai malah uang yang mengatur kamu, beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatur keuangan adalah:

BACA JUGA:Hari Ini Harga BBM Turun Lagi, Segera Cek Harga Pertalite di SPBU, Daftar Harga BBM Mulai 1 Maret 2023

1. Jangan lupa untuk mencatat setiap pendapatan selama satu bulan. Baiak itu pendapatan tetap maupun pendapatan tambahan;

2. Pengeluaran bulanan pun harus dicacat dengan baik, agar kita tahu berapa banyak pengeluaran kita selama satu bulan;

3. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan;

4. Pahami apa itu kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan pengeluaran tetap yang tidak bisa ditunda atau dihilangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: