Armada Damkar Belum Ideal, Pemkab Terima Hibah Tujuh Mobil dari Jepang

Armada Damkar Belum Ideal, Pemkab Terima Hibah Tujuh Mobil dari Jepang

--

RADARTASIK.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menerima bantuan hibah empat mobil ambulans dan tiga mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Jepang. Bantuan secara simbolis diberikan saat apel gabungan di lapangan Setda Kabupaten Garut, Senin (27/2/2023).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Garut Eded Komaran Nugraha mengatakan, dengan bantuan hibah itu bisa memperkuat armada damkar. Sebab, kata dia, armada yang ada belum ideal untuk menjangkau seluruh Kabupaten Garut.

Dia menyebut saat ini Kabupaten Garut memiliki 11 unit mobil pancar. “Untuk mobil pancar butuh 10 unit lagi untuk melayani 42 kecamatan,” ujarnya.

Dia pun menyebut, saat ini Kabupaten Garut baru memiliki enam pos Pemadam Kebakaran yang tersebar di sejumlah kecamatan. Padahal, kata dia, seharusnya setiap kecamatan memiliki pos Pemadam Kebakaran karena pihaknya melayani penanggulangan dan penyelamatan di seluruh Kabupaten Garut. 

”Tapi kita bertahap. Tahun ini kita tambah dua pos dengan tujuan bisa memudahkan pelayanan di daerah-daerah,” katanya kemarin.

Pihaknya pun mengaku saat ini masih kekurangan pos dan armada Pemadam Kebakaran, karena di 42 kecamatan harusnya ada sekitar 14 pos. “Sebetulnya satu pos itu satu kendaraan, dan kita ini dari 42 kecamatan ini kita membutuhkan sekitar 14 pos. Baru ada enam pos. Masih kurang delapan pos lagi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Eded berharap ke depan pemerintah dapat melakukan pengadaan minimal satu unit mobil damkar untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat. “Mudah-mudahan ke depan setiap tahun kita inginkan dari pemerintah daerah ini diadakan minimal satu mobil,” lanjutnya.

Sementara itu, Eded menjelaskan, mobil hibah dari Jepang itu sementara akan disimpan di markas Pemadam Kebakaran, sambil menunggu selesainya pembangunan dua pos baru di Kecamatan Pangatikan dan Singajaya selesai.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut Maskut Farid merasa senang mendapatkan hibah mobil ambulans dari Jepang. “Ya alhamdulilah ya, Garut mendapatkan bantuan damkar sama ambulans,” ucapnya.

Ia mengatakan, kelebihan kendaraan dari Jepang adalah alat di dalam ambulans lengkap, sehingga bisa digunakan untuk memperkuat rujukan pasien yang kritis. (mg1)

 

agi sugiana/radar tasikmalaya

HIBAH. Simbolis penyerahan bantuan mobil damkar dan ambulans yang merupakah bantuan hibah dari Jepang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: