Anak-Anak TKIT Fatimah Belajar Mendongeng Bersama Teh Karinta, Digagas Mahasiswa PPG Prajabatan Biologi Unsil

Anak-Anak TKIT Fatimah Belajar Mendongeng Bersama Teh Karinta, Digagas Mahasiswa PPG Prajabatan Biologi Unsil

Anak-anak TKIT Fatimah Tasikmalaya saat mendengarkan dongeng dari Teh Karinta.-Foto:istimewa-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Anak-anak TKIT (Taman Kanak-kanak Islam Terpadu) Fatimah Tasikmalaya mengikuti kegitan mendongeng bersama Teh Karinta Utami, S.T.

Kegiatan mendongeng yang digagas oleh mahasiswa PPG Prajabatan Biologi Unsil (Universitas Siliwangi, dilaksanakan pada Senin 27 Februari 2023.

Acara tersebut dikemas dengan sebuah program yang diberi nama Terong (Teras Dongeng). Terong dilaksanakan sebagai salah satu bentuk implementasi Kurikulum Merdeka dengan tempat di TKIT Fatimah Tasikmalaya.

Tidak hanya peserta didik saja, namun juga para guru dan kepala sekolah sama-sama ikut menyimak kegiatan mendongeng tersebut.

BACA JUGA:Bawaslu Kota Banjar Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih, Irfan: Pemilih Rentan, Terabaikan Hak Pilihnya

Bapak anak-aak begitu antusias dan ceria saat Kak Karinta mulai mendongeng. Kepala TKIT Fatimah Tasikmalaya, N. Car ini menyampaikan melalui kegiatan Terong ini dapat menjadi salah satu metode untuk memperkenalkan literasi sejak dini kepada anak-anak. 

“Perlunya menumbuhkan budaya literasi bagi peserta didik sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka. Karena banyak sekali manfaat yang didapat untuk tumbuh kembang peserta didik."

"Terutama peserta didik di tingkat taman kanak-kanak. Kemampuan literasi ini bukan hanya bukan hanya dilihat dari kemampuan membaca dan menulis saja, namun jug kemampuan peserta didik bercerita dihadapan teman-temannya,” ungkapnya.

Koordinator Program Terong, Risyda Zakiyah menambahkan melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran literasi anak bahwa setiap cerita itu menarik. Penyampaian cerita melalui dongeng dapat lebih mudah diterima dan dicerna oleh anak usia dini.

BACA JUGA:Pahami Hukum Jauhi Hukuman, Pengelola RANHAM Kota Tasik Lakukan Pebinaan di Sekolah

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan anak-anak mulai tertarik untuk membaca Erita dan menceritakan kembali bagian menarik dari cerita tersebut,” papar Risyda.

Tim Program Terong dari Mahasiswa PPG Prajabatan Biologi Universitas Siliwangi terdiri dari Nofi Rahma Ismayanti, Lili Rohali, Shofa Nafisa Fadila Rohman, Dwi Rahmi, Alda Nurfadillah, dan Risyda Zakiah Al-Dhiya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: