Lagi, Calon Jemaah Haji Tasikmalaya Datangi Kantor Kemenag, Lunas Tunda Simak Penjelasan Menag Yaqut Cholil

Lagi, Calon Jemaah Haji Tasikmalaya Datangi Kantor Kemenag, Lunas Tunda Simak Penjelasan Menag Yaqut Cholil

Calon jemaah haji Kabupaten Tasikmalaya datangi Kantor Kemenag bagian Pelayanan Haji, Kamis 16 Februari 2023. Mereka meminta penjelasan terkait kepastian tarif yang harus dibayarkan setelah adanya kenaikan.-ujang nandar-radartasik.disway.id

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Setelah ditetapkannya tarif biaya perjalanan ibadah haji, banyak calon jemaah haji TASIKMALAYA datangi Kantor Kemenag (Kementerian Agama) Kabupaten TASIKMALAYA, Kamis 16 Februari 2023. Mereka meminta kejelasan bagi yang sudah melunasi dan akan berangkat pada tahun 2023 ini.

Salah satu calon jemaah haji Tasikmalaya yang datang ke Kantor Kemenag Tasikmalaya adalah Yana (50) warga Kecamatan Padakembang. Dirinya menyampaikan keluhan karena ongkos haji naik. Kenaikan ongkos haji dianggap memberatkan dirinya. 

"Saya keberatan pas naek ongkos haji. Kalau bisa sama aja sama yang sudah-sudah. Kan saya gak ada uang lagi nih. Harus kumpulin lagi," kata Yana.

Sementara calon jemaah haji lainnya, Tarman Supriadi (58) asal Cintawana, Kecamatan Singaparna juga mempertanyakan hal serupa. Dia merupakan jemaah haji yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji sejak tahun 2020 dan masuk daftar tunggu.

BACA JUGA:Fix! Biaya Haji 2023 Turun dari Usulan Pertama, Layanan Katering Jemaah Dipangkas, Simak Penjelasan Kemenag 

"Saya mau konfirmasi ongkos haji. Kan kemarin diketuk sama Pemerintah dan DPR ongkosnya naik. Naha saya daftar lunas haji tahun 2020. Mau tanya apakah saya nambah lagi? Kalau diberita, kan gak nambah lagi. Tapi persoalanya, saya sempat ambil dana pelunasan haji sekitar Rp5 juta tahun kemarin pas Covid. Apakah saya harus bayar seperti yang tahun 2022 dan 2023," kata dia.

Di tengah ramainya ratusan calon jemaah haji asal Tasikmalaya memutuskan batal berangkat, namun banyak juga pendaftar baru. 

Salah satunya Santi, warga Singaparna yang mendaftar haji hari ini. Menurut dia, tarif biaya perjalanan ibadah haji Rp49,8 juta masih wajar. Umroh, kata dia, sudah tembus Rp40 juta. 

"Saya daftar Alhamdulillah ada rezeki. Kalau menurut saya wajar sih segitu. Kalau Rp69 juta baru gak wajar. Umroh saja udah mahal," kata dia.

BACA JUGA:554 Calon Jemaah Haji Tasikmalaya Batal Berangkat, Ongkos Biaya Haji Naik?

Kasi Haji dan Umrah, Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya, Yayat Kardiat menyebutkan, pasca pengumuman kenaikan ongkos haji, animo masyarakat Kabupaten Tasikmalaya untuk daftar haji tetap tinggi. 

Setiap hari pendaftar antara 10 hingga 15 orang. "Jadi kenaikan tarif haji yang baru ini dianggap masih wajar oleh masyarakat. Karena kan naiknya sekitar Rp10 jutaan. Lebih murah dibanding usulan awal naik sampai Rp69 juta rupiah," kata Yayat.

Persoalan calon jemaah yang mempertanyakan penambahan biaya, pihak Kemenag Kabupaten Tasikmalaya masih menunggu surat dari Kementerian Agama Pusat dan Kanwil.  

"Walau sudah ada pengumuman di media, tapi kami masih menunggu surat keputusannya dari Presiden soal penambahan biaya haji bagi jemaah yang sudah lunas haji," ujar Yayat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: