Berikut Daftar Dapil untuk Pemilu Legislatif 2024 di Kabupaten Ciamis

Berikut Daftar Dapil untuk Pemilu Legislatif 2024 di Kabupaten Ciamis

Kantor KPU Kabupaten Ciamis di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 43.--Foto: Fatkhur Rizqi/Radar Tasikmalaya--

CIAMIS, RADARTASIK.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jumlah daerah pemilihan atau dapil untuk Pemilu Legislatif 2024 di Kabupaten Ciamis.

Ketetapan dapil dituangkan dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota dalam Pemilu 2024.

Berdasarkan ketetapan KPU RI, Kabupaten Ciamis masih tetap 6 dapil dengan alokasi 50 kursi anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah).

”Terkait dapil dan alokasi kursi untuk Pemilu 2024 sudah fiks. Itu setelah keluarnya PKPU Nomor 6 Tahun 2023,” kata Komisioner KPU Kabupaten Ciamis Divisi Teknis Penyelenggaraan Oong Ramdani kepada Radar Tasikmalaya, Jumat 10 Februari 2023.

BACA JUGA: Polres Tasik Bagikan Helm SNI, AKBP Suhardi Hery Hariyanto Berharap Masyarakat Tertib Berlalu Lintas

Penetapan dapil dan alokasi kursi anggota dewan, menurut dia, berdasarkan tanggapan masyarakat dan uji publik ke partai politik.

KPU Kabupaten Ciamis mengirimkan hasil tanggapan masyarakat dan uji publik ke KPU Provinsi Jabar lalu diusulkan ke KPU RI. ”Dan akhirnya terbit PKPU terkait dapil tersebut,” ujarnya.

Artinya, tambah dia, jumlah dapil dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Ciamis masih sama seperti Pileg 2019 yakni 50 jumlah kursi dan 6 dapil.

”Formasinya masih sama seperti saat Pemilu 2019. Yakni jumlah dapil tetap yaitu ada 6 dapil dan 50 kursi,” tegas dia.

BACA JUGA: Diimbangi Bali United, PERSIB Langsung Bidik PSM Makassar, Dedi Kusnandar Fokus ke Persaingan Juara

Setelah terbitnya jumlah dapil dan alokasi kursi tersebut, pihaknya pun langsung melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya pemangku kepentingan terkait.

”Tujuannya agar masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya paham daerah pemilihannya," ujar dia.

Berikut Daftar Dapil untuk Pemilu Legislatif 2024 di Kabupaten Ciamis:

Dapil Ciamis I (10 Kursi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: