5 Manfaat Olahraga untuk Psikologi, Ternyata Dapat Mempertajam Memori

5 Manfaat Olahraga untuk Psikologi, Ternyata Dapat Mempertajam Memori

Ilustrasi manfaat olahraga untuk psikologi-Foto:tangkapanlayar/dok Kemenpora-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Berolahraga banyak dianggap untuk dapat memenuhi kebutuhan fisik agar tetap bugar. Padahal olahraga juga sangat berpengaruh terhadap kondisi psikologi dan mental.

Berikut 5 manfaat olahraga untuk psikologi, salah satunya dapat mempertajam memori, ini dia penjelasannya dikutip dari akun Kemenpora:

1. Dapat mengurangi stres

Dengan rutin berolahraga dapat mengurangi kadar stres. Hal ini karena pada saat berolahraga detak jantung dapat mencegah kerusakan otak akibat stres, dengan memproduksi hormon saraf dan menurunkan kadar hormon stres.

BACA JUGA:Stefano Pioli Duetkan Simon Kjaer dan Kalulu Hadapi Inter Milan

Olahraga dapat membuat sistem saraf pusat dan saraf simpatik tubuh berkomunikasi satu sama lain, sehingga tubuh dapat mengolah stres dengan baik.

2. Mengatasi Depresi dan Kecemasan

Olahraga dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan, karena aktivitas fisik dapat menerapkan kadar endrofin yaitu hormon bahagia yang diproduksi oleh otak dan sumsum tulang. 

3. Memperlambat Terjadinya Penurunan Kognitif dan Demensia

BACA JUGA:JADWAL LENGKAP Pertandingan Persib Februari 2023, Ada Misi Balas Dendam, Bali United dan PSM Makassar Dibidik

Seiring bertambah usia maka akan terjadi penurunan kognitif dan demensia, dengan aktivitas fisik atau berolahraga ternyata dapat menurunkan risiko demensia dan penurunan kognitif.

4. Mempertajam Memori

Hormon Endorfin yang dihasilkan tubuh saat berolahraga dapat membantu mempertajam pikiran, ingatan dan meningkatkan konsentrasi. Olahraga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel yang baru di otak.

5. Mampu meningkatkan rasa percaya diri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: