10 Simpang Susun Tol Getaci, Silakan Cek Daerah Anda

10 Simpang Susun Tol Getaci, Silakan Cek Daerah Anda

Berdasarkan data Kementerian PUPR, biaya Tol Getaci hingga Rp 56 triliun.-Dok. Birkompu-

BANDUNG, RADARTASIK.COM – Ada kabar paling anyar Jalan Tol Getaci (Gedebage-Tasik-Cilacap). Info terbaru, tol ini akan mempunyai paling tidak 10 exit tol atau pintu gerbang tol.

Nantinya, Exit Tol Getaci atau simpang susun Tol Getaci akan dipersiapkan di sejumlah lokasi strategis. Karena, pintu keluar-masuk tol diharapkan dapat mendongkrak aktivitas perekonomian daerah yang dilintasi.

Tak heran pula, pemerintah daerah melobi agar Exit Tol Getaci disediakan di daerah mereka. Bahkan, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto mengusulkan 3 pintu tol di daerahnya.

Ketiga gerbang tol yang diusulkan bupati kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di Kecamatan Ciawi, Kecamatan Singaparna dan Kecamatan Cineam.

BACA JUGA: Pemkab Garut Akan Keluarkan Larangan Makan Cikbul, Nitrogen Cair Sebabkan Kebocoran Lambung

Sedangkan Pemerintah Kota Tasikmalaya mengusulkan pintu tol di Jalan Gubernur Sewaka Kecamatan Kawalu.

Kemudian, Pemerintah Kota Banjar meminta exit tol ada di wilayah kota. Sedangkan Kabupaten Ciamis dikabarkan mendapat jatah pintu tol di Pamarican.

Tentu saja, pemerintah daerah di wilayah selatan Jawa Barat tidak ingin kehilangan kesempatan memajukan daerahnya dengan kehadiran jalan tol ini.

Dalam sebuah keterangan, Official Jasa Marga menyatakan Tol Getaci akan dibangun konsorsium BUMN dan swasta.

BACA JUGA: Cegah Kebocoran Retribusi Parkir, Dishub Kota Banjar Kumpulkan Juru Parkir

PT Jasa Marga Gedebage Cilacap dengan Jasa Marga sebagai pemegang saham mayoritas.

Proyek ini akan dikerjakan dalam dua tahap yakni Tahap I untuk Seksi I dan II ditargetkan rampung pada 2024. Kemudian tahap II yang mengerjakan Seksi III dan IV dimulai pada 2027 dan selesai pada 2029.

Meski belum merinci di mana saja Exit Tol Getaci akan dibuat, setidaknya ada beberapa lokasi yang menjadi gambaran dari rest area dan pintu keluar tol.

Diyakini, area di sekitar pintu tol tersebut bakal menjadi sangat prospektif, karenanya tidak menutup kemungkinan harga tanah akan naik dan sudah dilirik investor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarcirebon.com