Ini Daftar Bantuan Sosial yang Akan Cair Pada Tahun 2023, Ada PKH Hingga Program Indonesia Pintar

Ini Daftar Bantuan Sosial yang Akan Cair Pada Tahun 2023, Ada PKH Hingga Program Indonesia Pintar

Ini daftar bantuan sosial yang akan cair pada tahun 2023, ada PKH hingga Program Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat.-Ilustrasi Suryadi/radartasik.com-

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Daftar bantuan sosial yang akan cair pada tahun 2023 di antaranya, PKH hingga Program Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat.

Masyarakat yang sudah terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) bisa bernafas lega karena bisa mendapatkannya kembali program bansos.

Sementara bagi yang belum menerima bantuan sosial, masyarakat dapat mengajukan pendaftaran agar namanya tercatat di DTKS. Karena pemerintah selalu memperbaharui data penerima setiap tahun.

Tentu saja, ada beberapa syarat agar pengajuan tersebut disetujui dan layak menjadi penerima bansos.

BACA JUGA: Resmi, Harga BBM Turun Rp2.150, Ayo Cek Harga BBM Hari Ini 13 Januari 2023 di SPBU dari Aceh hingga Papua

Daftar bantuan sosial yang cair pada tahun 2023 akan menghabiskan anggaran sebesar Rp470 triliun yang telah disetujui Kementerian Sosial (Kemensos).

Di bawah ini adalah daftar bansos yang akan cair pada tahun 2023.

1. Program bantuan Kartu Prakerja 

Program kartu prakerja diharapkan dapat dilanjutkan pada kuartal pertama 2023, menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan skema baru yang berbeda dengan sebelumnya.

BACA JUGA: Rekomendasi Gedung untuk Wedding Party di Tasikmalaya, Ada yang Menyediakan Ruang Makeup Sampai Dapur

Pelatihan dilakukan dengan cara hybrid. Artinya, dilakukan secara offline maupun online. Pemerintah juga akan menambah anggaran sebesar Rp5 triliun yang menyasar 1,5 juta orang menjadi peserta kartu prakerja.

2. Program Keluarga Harapan (PKH)

Kuota penerima bantuan sosial PKH untuk tahun 2023 adalah 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Namun, data DTKS terus dimutakhirkan, sehingga peserta yang menerima bansos tahun lalu belum tentu menerimanya tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: