Tol Getaci Selesai Dibangun, Perjalanan Tasik-Bandung Semakin Cepat, Bisnis dan Liburan Makin Lancar

Tol Getaci Selesai Dibangun, Perjalanan Tasik-Bandung Semakin Cepat, Bisnis dan Liburan Makin Lancar

Tol Getaci beroperasi, harga tanah akan jadi mahal, hati-hati jual tanah.-Dok. Birkompu-

TASIK, RADARTASIK.COM – Kehadiran jalan Tol Getaci (Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap) sangat dinanti masyarakat umum maupun pebisnis.

Karena, kehadiran Tol Getaci akan memangkas waktu perjalanan Tasik-Bandung. Sehingga, urusan bisnis dan liburan makin lancar.

Selama ini, perjalanan Tasik-Bandung butuh waktu hingga 3 jam lebih jika menggunakan transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi ditempuh 2 jam lebih.

Perhitungan waktu itu bila perjalanan di hari kerja dan normal. Kalau akhir pekan ditambah, tentu saja waktu tempuh Tasik-Bandung akan makin lama.

BACA JUGA: Resmi, Kuota Pertalite 2023 Ditambah, Tapi Pembeliannya Diperketat, Begini Cara Beli BBM Subsidi ke Depan

Nah, kalau Tol Getaci selesai dibangun, tentu waktu perjalanan Tasik-Bandung semakin cepat.

Sejatinya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan memulai pembangunan Jalan Tol Getaci pada tahun 2022.

Tol Getaci masuk Proyek Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Permulaan pembangunan tol yang menghubungkan wilayah Jawa Barat dengan Jawa Tengah ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), Perjanjian Penjaminan dan Perjanjian Regres Proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Jalan Tol Getaci di Auditorium Kementerian PUPR.

BACA JUGA: Persib Harus Waspada, Osvaldo Haay Mulai Berlatih, Persija Tambah Kuat saat Tandang ke Bandung

Penandatanganan dilakukan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Danang Parikesit, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) M Wahid Sutopo an Direktur Utama PT Jasamarga Gedebage Cilacap Johannes Mancelly.

Kala itu Menteri Basuki mengatakan pembangunan Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap diharapkan sesuai jadwal agar dimulai konstruksinya pada tahun 2022. Kemudian selesai pada tahun 2024 untuk pembangunan tahap pertama.

”Dalam pelaksanaan pembangunan Tol Getaci saya ingin mengingatkan cepat is a must but not sufficient. Saya berharap untuk tetap menjaga kaidah-kaidah lingkungan hidup agar tidak merusak bukit-bukit yang ada,” pesan dia.

”Selain itu juga agar menghindari memotong pohon yang tidak perlu. Ini merupakan perintah bapak Presiden Jokowi pesannya adalah dalam membangun jangan merusak lingkungan,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: