Harga Jual Kecoa Rp 500 Ribu Per Kg, Cara Ternaknya Mudah, Keuntungannya Lebih Besar

Harga Jual Kecoa Rp 500 Ribu Per Kg, Cara Ternaknya Mudah, Keuntungannya Lebih Besar

Salah seorang warga binaan Lapas Kelas IIB Banjar saat memberikan pakan kecoa madagaskar, Senin 26 Desember 2022.-Anto Sugiarto-radartasik.disway.id

Setiap hari rata-rata ia menerima cicak basah seberat 150 kg. Itu, masih kata dia, jauh berkurang dibanding beberapa tahun silam yang mencapai 1 ton per hari.

Dia tak membatasi kuota cicak. Berapa pun banyaknya akan dibeli. Cicak yang baru diterima langsung dimasukkan ke lemari pendingin. Menghindari proses pembusukan.

Biasanya, cicak diburu menggunakan lem tikus. Yang direkatkan pada ujung benda panjang seperti kayu. Bukan saja cicak yang biasa menempel di dinding.

Tapi, kata Gandi, cicak-cicak yang ditemui di perkebunan yang banyak merayap di tanah. Tak ada kriteria cicak khusus. 

Meski sudah puluhan tahun melakoni bisnis cicak kering yang diekspor dari Cirebon ke China, Sugandi tidak mengetahui pemanfaatannya. Meski ada yang bilang untuk kosmetik hingga obat.

Namun, hingga kini bisnis cicak kering dari Cirebon yang dirintis Sugandi masih terus eksis dan mempekerjakan warga setempat. Kebanyakan ibu-ibu.

Proses pengolahan cicak kering dari Cirebon tersebut menggunakan oven. Yang kemudian di-packing hingga barang siap kirim dan menuju ke lokasi tujuan di luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: