Intip Budidaya Kecoa Madagaskar di Lapas Banjar, 1 Kg Harganya Setengah Jutaan!

Intip Budidaya Kecoa Madagaskar di Lapas Banjar, 1 Kg Harganya Setengah Jutaan!

Kasubsi Giatja Lapas Banjar Donny Irawan saat memperlihatkan kecoa madagaskar di Lapas Banjar, Senin 26 Desember 2022.-Anto Sugiarto-radartasik.disway.id

BANJAR, RADARTASIK.COM – Selama ini serangga jenis kecoa dianggap banyak kalangan sebagai binatang menijikkan. Banyak yang menganggap, serangga yang memiliki sayap dan hidup di tempat kotor itu mengluarkan aroma yang tak sedap.

Namun ada yang berbeda dari kecoa satu ini. Malah tidak lagi menjijikan, bahkan membuat Anda punya penghasilan.

Yups, inilah kecoa madagaskar. Serangga yang memiliki nama latin gromphadorhina portentosa, salah satu kecoa besar. Kecoa jenis ini tidak bau termasuk juga tidak memiliki sayap. 

Radartasik.com yang penasaran mulai intip budidaya kecoa madagaskar di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjar.

BACA JUGA:Ini Cara Mewarnai Rambut Wanita Sesuai dengan Undertone Kulit, Cobain Yuk

Informasi yang diterima radartasik.com, kecoa madagaskar ini 1 kg harganya setengah Jutaan! 

Di lapas ini, tidak hanya tempat warga binaan menghabiskan waktu masa hukuman saja. Ternyata di Lapas Banjar menjadi tempat wisata edukasi, pertanian, peternakan dan juga budidaya kecoa madagaskar. 

Kalapas Banjar Muhammad Maulana melalui Kasubsi Kegiatan Kerja (Giatja) Lapas Banjar Donny Irawan mengatakan, sangat tertarik budidaya kecoa madagaskar. 

Selain memiliki keuntungan yang cukup menggiurkan, kecoa yang tidak berbau tersebut dalam hal perawatan cukup mudah.

BACA JUGA:Dulang Rezeki Dari Daur Ulang Sampah, BRI Bantu Usaha Mikro di Jayapura

"Sebenarnya budidaya kecoa madagaskar ini untuk program 2023 nanti, karena ada warga binaan yang bisa garap. Jadi kenapa tidak?" katanya kepada, radartasik.com, Senin 26 Desember 2022. 

Peluang ini akhirnya tidak disia-siakan. Budidaya awalnya hanya coba-coba dengan membeli bibit 300 ekor secara online dengan harga Rp150 ribu. 

Dengan perbandingan bibit jantan 100 ekor dan 200 ekor betina.

Indukan yang dibeli sekitar bulan Oktober, kini sudah menghasilkan lebih dari 2.000 kecoa Madagaskar. Artinya, selama hampir tiga bulan budidaya, ada 1.700 kecoa madagaskar baru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: