10 Jalan Tol yang Dibuka Jelang Nataru, 7 Jalan Tol di Pulau Jawa

10 Jalan Tol yang Dibuka Jelang Nataru, 7 Jalan Tol di Pulau Jawa

10 Jalan tol yang dibuka jelang Nataru, 7 jalan tol di Pulau Jawa dan 3 jalan tol di Pulau Sumatera.-Dok BPJT-

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Pemerintah memutuskan akan membuka 10 jalan tol jelang Nataru (Natal 2022 dan Tahun Baru 2023).

Dari 10 jalan tol yang dibuka jelang Nataru, sebanyak 7 jalan tol di Pulau Jawa. Sedangkan 3 jalan tol di Pulau Sumatera.

Status jalan tol yang dibuka jelang Nataru terbagi dua. Sebanyak 2 jalan tol bersatus siap beroperasi. Sementara 8 jalan tol berstatus fungsional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan rencana jalan tol yang dibuka jelang Nataru.

BACA JUGA: Jelang Natal dan Tahun Baru, Polisi di Kota Tasikmalaya Amankan Ratusan Liter Tuak dan Puluhan Botol Miras

Dilansir laman BPJT, Mas Menteri mengatakan Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan yang didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol beroperasi, termasuk jalan nasional dengan kondisi mantap.

Dua ruas tol yang siap beroperasi adalah Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu Seksi Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 16,7 km.

Tol Cisumdawu Seksi 2 Pamuluhan-Sumedang sepanjang 4,8 km dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km.

Operasional Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR No. 988/KPTS/M/2022 tertanggal 25 Agustus 2022.

BACA JUGA: Apakah Tol Cisumdawu Jadi Dibuka Desember 2022? Menteri PUPR Berikan Pernyataan Terbaru, Simak Ya

sedangkan  operasional Jalan Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 berdasarkan Surat Dirjen Bina Marga No 0702-Db/1489 tentang Sertifikat Laik Operasi Bersyarat Jalan Tol Cisumdawu Seksi Pamulihan-Sumedang dan Seksi Sumedang-Cimalaka tertanggal 11 November 2022.

Berikut ini 8 jalan tol berstatus fungsional yang saat ini sedang dipersiapkan untuk dilintasi pengendara:

1. Jalan Tol Kuala tanjung-tebing tinggi-parapat Seksi 1 (20,4 km)

2. Jalan Tol Semarang Demak seksi 2 (16,31 km) yang saat ini sudah dilakukan Uji Laik Fungsi Jalan Tol dan siap dilintasi kendaraan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: