Ini Bansos yang Akan Cair 2023, Ada PKH Hingga PIP

Ini Bansos yang Akan Cair 2023, Ada PKH Hingga PIP

Bansos yang akan cair 2023, ada PKH hingga PIP. -Ilustrasi: Suryadi-

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Jelang akhir tahun 2022, pemerintah sedang menyiapkan bantuan sosial atau bansos yang akan cair 2023. Bansos yang akan cair tahun depan ada PKH hingga PIP.

Bantuan sosial ini diberikan kepada bagi masyarakat miskin dan rentan miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Saat ini pemerintah menyiapkan bansos yang akan cair 2023 kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang memenuhi persyaratan.

Bantuan sosial ini diharapkan dapat membantu masyarakat. Program ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan.

BACA JUGA: 2 Motor Tabrakan dengan Bus Pariwisata di Ciamis, 3 Orang Meninggal 1 Luka Berat

Program bansos yang akan cair 2023 akan diberikan kepada masyarakat yang nomor induk kependudukan (NIK) yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Masyarakat yang tidak menerima bansos pada tahun 2022 tetapi namanya terdaftar di DTKS, memiliki kesempatan untuk menerima bansos pada tahun 2023.

Dikutip radartasik.com dari palpos.id, bantuan tersebut akan disalurkan ketika kuota masih tersisa dan anggaran masih tersedia.

Untuk lebih jelasnya, berikut lima program bansos yang akan cair 2023.

BACA JUGA: Kronologi Kecelakaan 2 Motor Tabrakan dengan Bus Pariwisata di Ciamis, 3 Orang Meninggal

1. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Bantuan ini akan diberikan kepada masyarakat sebesar Rp 200 ribu per bulan dalam bentuk saldo e-wallet. Dana bantuan tersebut bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pangan.

BPNT diprediksi akan kembali cair pada bulan Januari 2023. Namun, kepastian itu harus menunggu informasi dari Kementerian Sosial apakah akan dibayarkan setiap bulan atau setiap tiga bulan.

2. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: