Gempa Garut, Warga Tasik Berhamburan Keluar Bangunan

Gempa Garut, Warga Tasik Berhamburan Keluar Bangunan

Warga Kota Tasikmalaya yang berada di dalam bangunan publik dan rumah berhamburan kleluar bangunan ketika getaran gempa Garut melanda. foto: ist--

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Gempa Garut dengan Magnitudo 6,4 yang terjadi pada Sabtu sore, 3 Desember 2022 pukul 16:49:41 WIB, membuat masyarakat yang merasakan getaran gempa kaget.

Salah satu wilayah yang warganya merasakan getaran Gempa Garut tersebut adalah warga Kota Tasik. 

Warga Tasik berhamburan keluar bangunan atau dari dalam rumahnya ketika geteran gempa terjadi selama beberapa saat. Hal itu mereka lakukan karena takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti yang dialami Nurani (32), warga Lengkongsari, Kecamatan Tawang. Saat terjadi gempa, dia sedang mengantar ayahnya berobat ke salah satu apotik di Jalan Mitra Batik Kota Tasikmalaya.

BACA JUGA: Guncangan Gempa Garut Sampai ke Kota Tasik, Pengunjung Plaza Asia Berhamburan Keluar Bangunan

BACA JUGA: Guncangan Gempa Garut Terasa Hingga Bandung dan Jogja, Warga Sempat Panik

"Kerasa kang guncangan gempanya kuat. Saya mau jalan sudah di dalam mobil karena ayah sudah diperiksa. Kaget lihat kacamata yang digantung di lampu spion goyang-goyang," paparnya.

Hal serupa dialami Wati Rahmawati (29), warga Seladarma. Saat itu dia sedang bermain bersama anaknya mengunjungi Asia Plaza Tasikmalaya. Saat terasa getaran gempa, dia dan anaknya langsung bergegas ke luar dari bangunan mal bersama para pengunjung mal lainnya.

"Kerasa banget kang getarannya. Saya lari ke luar bangunan mal karena takut ada apa-apa. Alhamdulillah tak ada apa-apa karena getaran gempanya mereda," tuturnya. 

Berdasarkan info terbaru dari BMKG, Gempa Garut dengan magnitudo 6,4 itu berpusat di darat 52 km Barat Daya Kabupaten Garut dengan dedalaman 118 Km dn berada 7.51 Lintang Selatan dan107.52 Bujur Timur.

BACA JUGA: Penjelasan BMKG tentang Sesar Garsela di Garut Selatan, Pernah Sebabkan Gempa Bumi, Jangan Anggap Sepele

BACA JUGA: Mengenal Sesar Garsela di Garut Selatan, Karakternya Mirip Sesar Cimandiri di Cianjur, Bisa Sebabkan Gempa

Secara MMI IV Gempa dirasakan di Garut, sedangkan untuk MMI III dirasakan di Ciamis, Kalapanunggal, Sumur, dan Tasik. Sementara untuk MMI II - III dirasakan di Pamoyanan dan Panimbang. (rezza rizaldi / radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: