UMP Jawa Barat Naik 2023 Lebih Kecil Dibanding UMP Jambi, Cek di Sini

UMP Jawa Barat Naik 2023 Lebih Kecil Dibanding UMP Jambi, Cek di Sini

UMP Jawa Barat Naik 2023 lebih kecil dibandingkan UMP Jambi naik 2023.-Ruslan/Radartasik.com-

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COMDewan Pengupahan Provinsi Jabar merekomendasikan UMP Jawa Barat naik 2023 sebesar 7,88 persen atau Rp 1,9 jutaan.

Dengan demikian, rekomendasi UMP Jawa Barat Naik 2023 lebih kecil dibandingkan dengan rekomendasi Dewan Pengupahan Provinsi Jambi.

Dikabarkan bahwa Dewan Pengupahan Provinsi Jambi sudah menetapkan UMP Jambi naik 2023 hingga sebesar 9,04 persen.

Diketahui UMP Jambi 2022 sebesar Rp 2,6 jutaan. Nah, UMP Jambi naik 2023 sebesar Rp 244 ribu dibanding tahun ini atau menjadi Rp 2,9 jutaan.

BACA JUGA: UMP Jawa Barat Naik 2023, Pengusaha Bersuara Lantang, Akan Bergerak ke MK, Waduh...

Dikutip dari fin.co.id, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi Bahari menjelaskan angka kenaikan 9,04 persen ini merupakan revisi dari penetapan UMP sebelumnya yang hanya 4,89 persen.

Bahri menerangkan penetapan UMP sudah mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022 tentang penyesuaian upah minimum.

”Ya, benar kenaikannya sekitar Rp 244 ribu atau 9,04 persen dan ini sudah sesuai dengan peraturan yang terbaru,” ujar dia pada Sabtu 26 November 2022.

Pembahasan kenaikan UMP 2023 ini dilakukan oleh Dewan Pengupahan Provinsi Jambi yang terdiri dari unsur pemerintah, serikat buruh, asosiasi pengusaha dan unsur akademisi.

BACA JUGA: Fantastis, 7 Daerah UMK Tertinggi di Jabar Saat Ini, Alhamdulillah UMP Jawa Barat Naik 2023

”Keputusannya kita lakukan secara aklamasi dan segera kita ajukan ke Gubernur Jambi untuk dibuatkan SK-nya,” tegas Bahari.

Namun, menurut dia, rapat penetapan ini tidak dihadiri asosiasi pengusaha karena telah mengirimkan surat keberatan atas penetapan UMP yang baru ini.

”Memang asosiasi pengusaha tidak datang, tetapi tetap akan kita ajukan ke gubernur untuk dibuatkan SK-nya karena rapatnya sudah memenuhi syarat kuorum untuk penetapan UMP,” kata dia.

Ketua KSBSI Jambi Roida Pane mengaku bersyukur atas penetapan UMP yang baru ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.co.id