6 Rekomendasi Destinasi Wisata Kerajinan untuk Liburan di Tasikmalaya

6 Rekomendasi Destinasi Wisata Kerajinan untuk Liburan di Tasikmalaya

Warga menikmati sore sambil berfoto di salh satu ikon kerajinan Kota Tasikmalaya yaitu kelom geulis.- Rezza Rizaldi-radartasik.disway.id

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Berjalan-jalan sambil liburan di Tasikmalaya tidak apdol rasanya bila kita tidak berbelanja buah tangan atau cinderamata untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kota Tasikmlaya selain terkenal dengan kuliner bakso dan nasi tutug oncom, juga terkenal sebagai kota kerajinan. Ada beberapa produk unggulan kerajinan Kota Tasikmalaya yang bisa kita kunjungi. Selain berbelanja kita pun bisa sambil wisata edukasi dan liburan di Tasikmalaya, berikut lokasinya:

1. Pusat Kerajinan Batik

Dari jaman dulu Kota Tasikmalaya terkenal dengan kerajinan batiknya. Bahkan di sini ada koperasi besar yang bernama Mitra Batik. Koperasi Mitra Batik ini merupakan tempat berhimpunnya para pembatik di Kota Tasikmalaya. Pusat batik Kota Tasikmalaya ada di Cigeureung Kecamatan Cipedes, di daerah tersebut hampir setiap rumah punya usaha batik.

Ada yang sebagai pengrajin langsung maupun sebagai penjual kain batik. Kain batiknya beragam ada batik tulis ada juga batik cap. Harganya pun cukyp terjangkau dai Rp50 ribu sampai dengan yang tertinggi sesuai dengan motif dan cara membatik ya.

BACA JUGA:Ada Destinasi Lembang Mini di Tasikmalaya, Wahana Alam Parung

2. Kerajinan Kain Bordir

Bordir Tasikmalaya terkenal hingga ke mancanegara. Di Jakarta para pedagang bordir punya lokasi khusus. Namun kurang pas rasanya, bila pergi ke Kota Tasikmalaya tidak berkunjung langsung ke sentra bordir di Kawalu. Ada dua jenis bordir yaitu bordir mesin dan bordir kejek. Untuk bordir kejek sendiri terbilang sudah sangat langka karena banyak yng beralih ke bordir mesin.

3. Kerajinan Anyaman Mendong

Nah, Ana Yaman mendong Kota Tasikmalaya juga beberapa kali di ekspor ke luar negeri. Sentra anyaman mendong ada di Kecamatan Purbaratu beragama barang dari anyaman mendong ada di sini seperti sandal, tempat tisu, tas dan lainnya.

BACA JUGA:Tenang, Pasar Murah Rakyat Masih Berlangsung Hingga 26 November 2022

4. Kerajinan Mebeler Kayu

Tidak sedikit warga Kota Tasikmalaya yang juga berprofesi atau menekuni industri perkayuan yaitu membuat mebeler dari kayu. Sentranya ada di Kecamatan Cibeureum di daerah Negla yang berbatasan dengan Kecamatan Tawang. Di sini banyak pengrajin mebeler mulai dari membuat kursi, lemari pakaian, tempat tidur.

5. Kerajinan Kelom Geulis 

Sentra kelom geulis Kota Tasikmalaya ada di Tamansari tepatnya daerah Gobras. Di sini banyak pengrajin kelom geulis, meskipun dari tahun ke tahun jumlah pengrajin semakin menurun akibat dari permintaan pasar untuk kelom geulis makin berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: