Peringati Hari Toilet Sedunia 19 November, Masih Ada Warga Kota Tasik yang Buang Air Besar Sembarangan

Peringati Hari Toilet Sedunia 19 November, Masih Ada Warga Kota Tasik yang Buang Air Besar Sembarangan

Peringati hari toilet sedunia masih ada warga yang buang air besar sembarangan.-Foto:tangkapanlayar/dokdiskominfokotatasik-

KOTA TASIK, RADARTASIK.COM - Hari ini 19 November diperingati sebagai Hari Tolilet Sedunia. Ya toilet merupakan tempat untun buang air besar supaya kita sebagai manusia tidak buang air besar sembarangan atau BABS. Berdasarkan data yang ada di Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya per bulan Oktober 2022, dari 180.212 keluarga di Kota Tasikmalaya, baru 63% yang memiliki sanitasi layak. Artinya sanitasi di Kota Tasikmalaya hingga saat ini belum aman.

Nah, apa hubungannya dengan toilet? 

Yups tentu ada hubungannya. Toilet merupakan bagian dai sanitasi aman. Nah, toilet terbagi ke dalam dua bagian. Ada toilet atas yaitu berupa kloset baik kloset duduk maupun kloset jongkok atau yang disebut dengan kloset leher angsa.

Nah, ada juga toilet bagia bawah, yaitu berupa septic tank sebagai tempat penampungan lumpur tinja. Septic tank yang baik adalah septic tank yang tidak merembes ke dalam tanah.

BACA JUGA:Tenang, Pasar Murah Rakyat Masih Berlangsung Hingga 26 November 2022

Bila septic tak di rumah belum pernah disedot selama bertahun-tahun, artinya masih buang air besar sembarangan dan sudah mencemari tanah. Ciri dari septic tank yang aman adalah sudah dilakukan penyedotan minimal 3 tahun sekali.

Buang air besar sembarangan atau BABS bukan hanya buang ar besar yang terbuka seperti di atas pacilingan di kolam ikan saja, namun ada juga yang buang air besar sembarangan secara terselubung.

Contohnya adalah air dari kloset tempat buang air besar sembarangan langsung disalurkan ke sungai, ke drainase, atau ke cubluk. Sehingga bisa mencemari tanah dan juga air sungai.

Apa dampaknya bila masih banyak warga yang buang air besar sembarangan baik terbuka maupun terselubung ? Dampaknya adalah kualitas air tanah semakin tercemar dan semakin tidak layak untuk dikonsumsi.

BACA JUGA:Saat Ini, Sudah Resmi Harga BBM Turun di 34 Provinsi, Ayo Cek Daftar Harga BBM Hari Ini 19 November 2022

Selamat hari toilet sedunia 19 November, yuk cek sudah amankan toilet kamu ?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: