Sandiaga Uno Bilang Resesi Bisa Dilalui dengan Cara Melakukan 4As dan Semangat 3G, Apa Itu?

Sandiaga Uno Bilang Resesi Bisa Dilalui dengan Cara Melakukan 4As dan Semangat 3G, Apa Itu?

Menparekraf Sandiaga Uno bilang agar terhindar dari resesi pengusaha harus melakukan 4As dan memiliki semangat 3G. Foto dok Kemenparekraf--

JAKARTA,RADARTASIK.COM – Ancaman resesi ekonomi pada 2023 mendatang membuat banyak pelaku usaha, termasuk  Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ketar-ketir menghadapinya. 

Menanggapi kekhawatiran para pelaku usaha tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bilang resesi bisa dilalui dengan cara melakukan 4As dan semangat 3G. Apa Itu?

Sandiaga mengatakan bahwa sesungguhnya ancaman resesi dapat dilalui dengan cara mencari penerangnya lewat kemampuan kita untuk melakukan 4As, yakni kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas.

"Bisa disimpulkan di saat resesi ekonomi gelap. Banyak ketidakpastian, penerangnya adalah kemampuan kita untuk melakukan 4As, yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas," kata Sandiaga saat memberikan paparkan tentang ‘Strategi Memikat Investor di Masa Resesi' kepada pelaku UMKM, yang tersebar di seluruh Indonesia dalam agenda Webinar Business Mentoring Class, Selasa,1 November 2022.

BACA JUGA: 3 Sindikat Curanmor Ini Beroperasi di Tasikmalaya, Berhasil Diungkap Polres Tasikmalaya Kota

BACA JUGA: Kejari Kabupaten Tasikmalaya Menyita 1 Unit Mobil, Kasus Dugaan Korupsi SPK Fiktif Terus Dilanjutkan

Agar upaya tersebut dapat berjalan maksimal, Sandiaga Uno menyatakan para pelaku usaha, khususnya UMKM harus menyandingkan 4As itu dengan semangat 3G, yaitu Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol Gaspol (Garap Semua Potensi untuk Bertahan).

"Ini disandingkan dengan semangat 3G, gercep kita harus gerak cepat mengambil peluang, geber kita harus mampu bergerak bersama, dan gaspol garap semua potensi termasuk potensi online untuk menciptakan peluang usaha bersama UMKM lainnya," ujar Sandiaga.

Sementara itu dalam paparannya terkait ‘Strategi Memikat Investor di Masa Resesi', Sandiaga Uno menjelaskan tentang bagaimana cara melakukan negosiasi dan presentasi yang cepat namun menarik calon investor. 

Agar negosiasi itu sukses, menyebut harus ada konsep '3 Si', yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

BACA JUGA: Polres Tasikmalaya Kota Amankan 43 Sepeda Motor Curian, 3 Sindikat Curanmor Lintas Daerah Berhasil Diungkap

BACA JUGA: 25 Daftar Motor Curian yang Diamankan Polres Tasikmalaya Kota, Cek di Sini

"Saya berikan konsep, yang pertama '3 Si', yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Negosiasi itu bisa cepat, bisa memikat kalau kita menguasai seluruh isu. Jadi informasi yang diperlukan itu kita harus tahu dengan cepat dan super tepat. Kita juga harus mampu dikelilingi oleh orang-orang yang baik, kalau kita mau sukses, kita bergaulnya sama orang-orang sukses," papar Sandiaga.

Menariknya dalam sesi webinar itu, sempat dilalukan launching Platform Sandination (Sandi Uno For The Better Nation) untuk memberi ruang kepada masyarakat untuk mengenal lebih dekat sosok Sandiaga Uno. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com