Nama Obat Gagal Ginjal Akut pada Anak Ditemukan, Sayangnya ...

Nama Obat Gagal Ginjal Akut pada Anak Ditemukan, Sayangnya ...

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.--

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Ini kabar baik! Nama obat gagal ginjal akut pada anak sudah ditemukan.

Penemuan nama obat gagal ginjal akut pada anak tersebut disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Dengan ditemukannya obat tersebut, Menteri Kesehatan memastikan pasien kasus gagal ginjal akut di Indonesia sudah bisa disembuhkan. 

Budi Gunadi Sadikin menegaskan pemerintah telah menemukan obat yang relevan pada penyebab penyakit gagal ginjal akut pada anak.

BACA JUGA: Cara Etilen Glikol Rusak Ginjal Anak, Menkes: Jadi Kristal-Kristal Runcing

”Begitu kami tahu penyebabnya apa, toxic-nya apa, kami mencari obatnya untuk para balita yang masuk rumah sakit. Sudah ketemu obatnya, namanya Fomepizole (injeksi),” kata Budi dalam konferensi pers AKI seperti dikutip dari disway.id, Jumat 21 Oktober 2022.

Dia menerangkan obat tersebut kemudian dicoba kepada 10 pasien AKI (acute kidney injury) yang sedang dirawat di RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo).

Hasilnya? Reaksi Fomepizole memicu perbaikan gejala pasien dan sebagian lainnya stabil. ”Jadi, kami merasa lebih yakin bahwa obat ini efektif,” ungkap dia.

”Sekarang Pemerintah Indonesia mendatangkan lebih banyak lagi untuk pasien yang ada sekarang, karena kita sudah tahu penyebabnya apa, itu bisa diobati,” jelas Budi.

BACA JUGA: Daftar 91 Obat yang Pernah Diminum Pasien Gagal Ginjal Akut pada Anak, Sebagian Besar Tak Asing di Masyarakat

Budi berharap kehadiran obat Fomepizole yang sudah diuji coba hingga tiga hari terakhir di RSCM bisa menekan laju kematian pasien AKI. 

”Obat tersebut hingga sekarang belum tersedia di Indonesia. Sebab, masih harus didatangkan dari produsennya di negara Singapura,” ungkapnya.

Budi menyebut hingga kini jumlah kematian mencapai 133 jiwa dari total 241 pasien yang dirawat di 22 provinsi.

”Jadi selain dicegah sumber penyakitnya, kami juga lakukan terapi dari sisi obat-obatan,” ungkap Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id