Pengelolaan Situ Leutik Kota Banjar Belum Maksimal

Pengelolaan Situ Leutik Kota Banjar Belum Maksimal

BANJAR — Wana Wisata Situ Leutik di Desa Cibeureum Kecamatan Banjar sangat potensial. Namun, Kepala Desa Cibeureum Yayan Kuslan menyebut pengelolaan Situ Leutik saat ini belum berjalan dengan maksimal.


“Padahal potensi pengunjung cukup lumayan banyak. Apalagi kalau hari Sabtu-Minggu (weekend, Red) 100 orang pengunjung lebih mah ada,” kata dia kepada wartawan, Sabtu (20/3/2021).

Menurut dia, potensi itu jangan sampai dibiarkan berlarut-larut. Terlebih, Situ Leutik sudah ditata, sehingga harus dikelola dengan baik.

Baca juga : Kadin Kota Banjar Fokus Pada Sektor Pangan

Dia mengusulkan agar tarif masuk kawasan Situ Leutik tidak perlu terlalu mahal. Cukup Rp 3.000 per orang. “Keinginan mah, warga di sini (Desa Cibeureum, Red) yang diberdayakan. Mulai dari petugas parkir, pedagangnya dan lainnya. Sehingga perekonomian mereka meningkat,” harapnya.

Kepala Dispora Kota Banjar Dedi Suwardi mengatakan pengelolaan Wana Wisata Situ Leutik masih oleh Dispora. Sedangkan penarikan retribusi masuk sedang diajukan di Perda Retribusi bersamaan dengan retribusi yang lain.

“Untuk kebersihan selalu dilaksanakan tiap hari oleh petugas dari Dispora. Mulai Senin (hari ini, Red) sampai dengan sebelum ada penyerahan pengelolaan, pegawai Dispora dari bidang pariwisata akan selalu ada di lokasi Situ Leutik,” ujarnya Minggu (21/3/2021). (nto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: